Fitur Baru WhatsApp: Hapus Pesan Otomatis dalam 24 Jam

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 December 2021 19:55
FILE PHOTO: A man poses with a smartphone in front of displayed Whatsapp logo in this illustration September 14, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp baru saja meluncurkan fitur baru untuk Disappearing Messages. Fitur terbarunya adalah hapus pesan secara otomatis dalam 24 jam dan 90 hari.

Disappearing Messages adalah fitur yang bisa menghapus pesan secara otomatis setelah mengatur limit waktunya. Fitur terbarunya menghadirkan pilihan pengaturan secara default.

Artinya, seluruh chat yang dikirimkan akan menghilang sesuai dengan durasi yang dipilih. WhatsApp juga mengatakan fitur anyar ini juga dibuat untuk grup chat.


Perusahaan tersebut menambahkan jika fitur bersifat opsional. Selain itu juga memastikan fitur tidak mengubah apapun yang telah ada sebelumnya.

"Pengguna WhatsApp akan punya opsi mengaktifkan disappearing messages secara default untuk semua chat. Saat mengaktifkannya, seluruh chat Anda atau orang lain akan diatur untuk menghilang selama durasi yang dipilih," tulis WhatsApp dikutip Rabu (15/12/2021).

"Dan kami telah menambahkan opsi baru saat membuat chat group yang memungkinkan Anda mengaktifkannya untuk grup yang dibuat. Fitur ini dibuat opsional dan tidak mengubah atau menghapus chat yang sudah ada".

WhatsApp juga akan memberikan notifikasi lawan bicara untuk mengetahui saat fitur ini diaktifkan.

Selain itu, WhatsApp menambah pilihan durasi waktu untuk fitur ini. Jika sebelumnya sudah ada 7 hari, maka kali ini ditambah menjadi 24 jam serta 90 hari.

Menurut WhatsApp, fitur baru ini memberikan arti soal layanan pesan pribadi saat ini. Perusahaan juga menjadi lebih dekat dengan aktivitas percakapan pribadi.

"Kami percaya disappearing messages dengan end-to-end encryption adalah dua fitur yang mendefinisikan arti menjadi layanan pesan pribadi hari ini, dan membawa kami lebih dekat ke perasaan percakapan antar pribadi," kata WhatsApp.

Disappearing Messages sudah bisa digunakan sekarang. Untuk mengaktifkannya buka Pengaturan > Akun > Privasi > Timer pesan default, terakhir pilih durasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Panik! Ini Cara Kembalikan Chat WA Tak Sengaja Kehapus


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading