CCTV Google Pantau Aktivitas Kamu 24 Jam, Ini Cara Setopnya!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 December 2021 07:35
foto/google/ dok.google

Jakarta, CNBC Indonesia - Google ternyata bisa melakukan pelacakan pada penggunanya. Bahkan aktivitas ini terjadi saat riwayat lokasi sudah dinonaktifkan.

Fenomena tersebut mungkin yang jadi alasan banyak pengguna yang melihat iklan produk, meski baru saja dibicarakan oleh pengguna.

Pengguna ternyata bisa menghentikan Google untuk melacak aktivitas kita di dunia maya. Berikut langkahnya, dikutip dari Cnet, Kamis (2/12/2021):


  1. Buka laman Google.com dari browser desktop atau mobile.
  2. Masuk ke akun Google.
  3. Pilih menu Manage your Google Account. Selanjutnya pada Privacy & Personalization, pilih Manage your Data & Personalization.
  4. Berikutnya akan terlihat menu Activity Controls dengan scrolling layar ke bawah, pilih Manage your Activity Controls.
  5. Selanjutnya akan terlihat boks bernama Web & App Activity, geser toggle untuk mematikannya.
  6. Akan terlihat pemberitahuan memastikan pengguna paham apa yang dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan. Pilih Pause.

Sebagai catatan, dengan menonaktifkan fitur ini, maka iklan yang hadir kurang relevan. Rekomendasi penelusuran kurang bermanfaat dan pengguna tidak dapat pengalaman personalnya lagi.

Namun ini berguna untuk pengguna yang memprioritaskan privasi di ranah online.

Saat menonaktifkan fitur tersebut, pengguna juga tidak akan kehilangan data tersimpan saat pelacakan dimatikan. Sebagai informasi, Google tidak akan menyimpan informasi di masa depan, namun data sebelumnya yang sudah tersimpan tidak dihapus.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading