Suka Tak Sadar, Ini Tanda WA Kamu Lagi Dibajak Orang Lain

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 November 2021 07:25
A 3D printed Whatsapp logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna WhatsApp perlu waspada. Sebab akun mereka bisa saja dibajak oleh orang lain tanpa disadari.

Ada banyak cara untuk mengambil alih WhatsApp. Paling sederhananya, berusaha mengakses melalui kode One Time Password (OTP).

Untuk lebih waspada, berikut tanda-tanda akun WhatsApp dibajak pihak lain, dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:


1. Ada OTP di SMS

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, OTP bisa jadi cara mengambilalih akun WhatsApp. Ini jadi gerbang masuk para penjahat untuk membajak akun korbannya.

OTP sendiri merupakan 6 digit nomor otentifikasi yang dikirimkan melalui SMS pada nomor yang didaftarkan. Perlu diingat untuk tidak membagikan kode tersebut pada siapapun, abaikan pesan yang meminta OTP.

2. WhatsApp Web Tiba-tiba Logout

WhatsApp web, layaknya aplikasi smartphone, hanya dapat digunakan pada satu laptop atau komputer. Jika tiba-tiba keluar, maka ada yang mengakses akun dari perangkat lain.

Kamu bisa mengetahui dan mematikannya dengan mengetik ikon tiga titik di bagian kanan atas pada aplikasi mobile. Berikutnya pilih WhatsApp Web, nanti akan terlihat akun digunakan di perangkat mana saja.

3. Pesan Telah Terbaca

Jika kamu merasa tidak pernah membaca sebuah pesan, namun ternyata ada tanda kamu sudah membaca harus curiga. Sebab kemungkinan besar akun WhatsApp kamu telah dibajak atau disadap.

4. Pesan Telah Terkirim

Ini sama seperti pesan yang telah terbaca, kamu patut curiga jika ada pesan yang dikirimkan tanpa sepengetahuan. Ini jadi pertanda akun kamu kemungkinan sedang dibajak.

Cara Cegah WhatsApp Dibajak

Siber Polri memiliki cara untuk menghindari WhatsApp dibajak pihak lain. Yaitu dengan mengaktifkan fitur two step verification pada aplikasi.

Dengan cara ini, pelaku kejahatan akan kesulitan mengakses akun WhatsApp. Ini dikarenakan mereka tak tahu PIN yang dipasang untuk two step verification.

Ini cara mengaktifkan fitur two step verification:

  • Pada aplikasi mobile, buka menu Settings.
  • Masuk ke pengaturan Account.
  • Pilih two step verification.
  • Akan ada permintaan mengaktifkan fitur dengan menggunakan PIN. Tekan enable pada bagian bawah.
  • Buat PIN, masukkan 6 digit angka sesuai dengan keinginan.
  • WhatsApp akan meminta memasukkan alamat email. Ini akan terintegrasi dengan akun WhatsApp jika suatu hari ingin mengganti PIN.
  • Fitur two step verification telah terpasang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Panik, Begini Cara Mengembalikan WhatsApp yang Dibajak


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading