Waspada, Ini Ciri-Ciri WA Kamu Mau Dibajak Orang Lain!

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
27 November 2021 12:50
A 3D printed Whatsapp logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi WhatsApp (WA) cukup rentan dengan masalah pembajakan oleh sejumlah pihak untuk berbagai tujuan.

Penyadapan ini tentu merugikan karena peretas dapat mengawasi seluruh aktivitas pengguna di WA, mulai dari isi pesan, isi kontak, aktivitas komunikasi, hingga data dari diri pengguna yang bisa bocor.

Meski demikian, ada sejumlah ciri yang bisa dikenali ketika akun WA tengah disadap, salah satunya adalah melalui One Time Password (OTP) atau kode enam angka yang dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar.


Jadi, bagi para pengguna WA perlu diingat, jangan memberikan kode OTP kepada siapa pun agar akun WA tetap aman dari peretasan. Untuk mencegahnya, berikut ciri-ciri akun WA Anda dibajak:

1. Mendapatkan SMS OTP

OTP menjadi pintu masuk ke akun WA. Ketika ada kode OTP yang masuk ke ponsel melalui SMS, itu berarti ada yang mencoba masuk WA dari perangkat lain. Abaikan saja pesan itu dan jangan berikan kode OTP kepada siapa pun.


2. Keluar dari WA Web

Jika sedang menggunakan WA Web dan keluar tiba-tiba, ada kemungkinan orang lain juga tengah menggunakannya. Pengguna perlu hati-hati saat mengalami ini.

Oleh karena itu, pengguna bisa mengetahui daftar perangkat yang mengakses akun WA. Cara ini adalah dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi WA, lalu pilih mode WhatsApp Web, dan akan terlihat perangkat apa saja yang menggunakan akun itu.


3. Pesan telah Dibaca

Saat sebuah pesan dibaca dan pengguna tidak merasa pernah membaca pesan tersebut, ada kemungkinan akun WA sudah berada di tangan peretas.


4. Pesan Terkirim Tanpa Diketahui

Hal yang sama juga terjadi jika ada pesan terkirim tanpa diketahui. Waspada jika ini terjadi. Pasalnya, ada kemungkinan akun WA sudah diretas.


Cara Cegah WhatsApp Dibajak

Salah satu cara agar akun WA bebas dari peretasan adalah dengan mengaktifkan fitur two-step verification. Dengan cara ini, pelaku kejahatan akan kesulitan mengakses akun karena tidak tahu PIN yang dipasang. Adapun berikut cara mengaktifkannya fitur tersebut.

1. Tekan ikon tiga titik di aplikasi WA.

2. Pilih menu 'Settings'.

3. Menuju ke 'Account'.

4. Pilih 'two step verification'.

5. WhatsApp akan meminta mengaktifkannya dengan PIN, klik enable untuk mengaktifkan.

6. Buat PIN yang terdiri dari enam angka.

7. Masukkan alamat email untuk terintegrasi dengan akun. Tujuannya yaitu jika suatu saat Anda ingin mengganti PIN, bisa terhubung dengan email.

8. Fitur ini sudah aktif.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading