Muncul Tanda Ini di WA? Waspada Akunmu Mau Dibajak Orang Lain

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 November 2021 10:15
FILE PHOTO: The WhatsApp app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017. REUTERS/Dado Ruvic Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp tak lepas dari masalah pembajakan oleh pelaku kejahatan siber. Bukan tak mungkin akun seseorang diambil alih oleh orang lain.

Salah satu yang mungkin akun WhatsApp dibajak adalah melalui One Time Password (OTP) atau kode enam angka yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar.

Jadi perlu diingat untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun agar akun WA tidak dibajak. Ada tanda akun WhatsApp yang dibajak, untuk mengenalinya lebih lanjut berikut ciri-cirinya:


1.Mendapatkan SMSĀ OTP

Seperti dikatakan tadi, OTP menjadi gerbang masuk ke akun WhatsApp. Jadi jika ada kode OTP yang masuk ke ponsel melalui SMS artinya ada yang mencoba masuk WhatsApp dari perangkat lain. Abaikan saja pesan itu dan jangan berikan kode OTP kepada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp Web

Jika sedang menggunakan WhatsApp Web dan keluar tiba-tiba, maka ada kemungkinan orang lain menggunakannya. Kamu bisa mengetahui daftar perangkat yang mengakses akun WhatsApp.

Yakni dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi WhatsApp. Pilih mode WhatsApp Web, dan akan terlihat perangkat apa saja yang menggunakan akun itu.

3. Pesan telah Dibaca

Saat sebuah pesan dibaca namun kamu tidak merasa pernah membaca ada kemungkinan akun WhatsApp sudah dibajak.

4. Pesan Terkirim Tanpa Diketahui
Hal yang sama juga terjadi jika ada pesan terkirim tanpa diketahui. Waspada jika ini terjadi sebab ada kemungkinan akun WhatsApp sudah diretas.

Cara Cegah WhatsApp Dibajak

Salah satu cara mencegah akun WhatsApp dibajak adalah dengan mengaktifkan fitur two-step verification, ungkap pihak Siber Polri beberapa waktu lalu. Dengan cara ini pelaku kejahatan akan kesulitan mengakses akun karena tidak tahu pin yang dipasang.

Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Tekan ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih menu Settings.
  3. Menuju ke Account.
  4. Pilih two step verification.
  5. WhatsApp akan meminta mengaktifkannya dengan PIN, klik enable untuk mengaktifkan.
  6. Buat Pin terdiri dari enam angka.
  7. Masukkan alamat email untuk terintegrasi dengan akun. Tujuannya jika suatu saat ingin mengganti Pin.
  8. Fitur ini sudah aktif.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading