Daftar Kota RI yang Sudah Punya Jaringan 5G, Kotamu Sudah?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 November 2021 07:55
FILE PHOTO: FILE PHOTO: A person checks out the new Xiaomi Mi 9 mobile phone ahead of the Mobile World Congress (MWC 19) in Barcelona, Spain, February 24, 2019. REUTERS/Rafael Marchante/File Photo/File Photo Foto: Ilustrasi 5G (REUTERS/Rafael Marchante)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2021 menandakan Indonesia mulai masuk ke era 5G. Namun belum seluruh kota bisa merasakan jaringan cepat itu, sejauh ini baru ada di 9 kota.

Berikut daftar 9 kota yang sudah mendapatkan layanan komersial 5G:

  1. Jabodetabek
  2. Bandung
  3. Batam
  4. Balikpapan
  5. Makassar
  6. Surakarta
  7. Surabaya
  8. Denpasar
  9. Medan

Operator yang sudah mengantongi izin laik operasi dari Kementerian Kominfo baru tiga. Ini dimulai dari Telkomsel yang debut pada bulan Mei 2021 lalu.


Sementara itu Indosat juga menyusul mendapatkan izin yang sama. Kominfo memberikan izin tersebut pada bulan Juni lalu. Terakhir adalah XL Axiata yang juga mengantongi izin serupa di bulan Agustus.

Dalam aturan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.2 Tahun 2021, sebenarnya terlihat rencana pengembangan 5G di Indonesia. Selain kota-kota di pulau Jawa, diharapkan jaringan tersebut juga bisa hadir di luar wilayah itu.

Misalnya pada lokasi destinasi wisata super prioritas yaitu Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobudur (Jateng).

Rencananya seluruh enam ibukota provinsi di Jawa dan lima destinasi wisata akan bisa mengakses jaringan 5G pada tahun 2023 mendatang.

Berikutnya satu lokasi industri manufaktur yang akan mendapatkan jaringan 5G. Terakhir adalah ibu kota negara baru yang direncanakan akan bisa mengakses 5G.

Baik lokasi manufaktur dan ibu kota negara baru akan bisa mendapatkan jaringan 5G pada 2024 mendapatkan.

"Jika tidak ada perubahan kebijakan dari Presiden RI terkait dengan timeline rencana pemindahan IKN, ditargetkan pada 2024, IKN telah 100% ter-cover jaringan serat optik dan layanan mobile seluler 4G, serta siap mengimplementasikan teknologi 5G," jelas Kominfo.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading