Cara Mudah Mendapatkan Microsoft Office Gratis, 100% Legal!

Tech - Tim, CNBC Indonesia
24 November 2021 13:55
Portrait of cheerful Caucasian female student wearing eyeglasses using laptop in cafe for studies or networking and smiling Foto: Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft Office adalah software yang wajib tersedia di perangkat laptop atau komputer. Mulai dari siswa siswi sekolah, mahasiswa hingga para pekerja sangat bergantung dengan software ini untuk menunjang kegiatan belajar dan kerja.

Software Microsoft Office memiliki layanan yang lengkap, Word yang berfungsi untuk mengetik, Excel sebagai pengolah data, PowerPoint untuk membantu presentasi dan Outlook untuk mengirim email.

Cara Mendapatkan Microsoft Office Gratis dan Legal


Tidak semua orang bisa mengakses Microsoft Office yang legal karena biaya langganan yang cukup mahal. Ternyata, ada cara untuk mendapatkan akses Microsoft Office gratis.

Tentunya cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini merupakan cara mendapatkan akses gratis dengan legal. Simak penjelasan berikut ini!

1. Akses Microsoft Office Online

Pertama, cara untuk mengakses layanan Microsoft Office tanpa mengeluarkan biaya adalah dengan memanfaatkan layanan online yang ditawarkan langsung oleh pihak Microsoft.

Untuk mengaksesnya, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Microsoft di https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/free-office-online-for-the-web dan langsung membuat akun gratis untuk login.

Layanan yang ada pada Microsoft Office online ini cukup lengkap, mulai dari Microsoft Word, Excel, Power Point, One Note, One Drive, Sway dan Mail.
Karena bisa digunakan dengan gratis, tentunya terdapat beberapa fitur yang dibatasi dan dihilangkan. Seperti pada Word yang tidak bisa mengakses WordArt, chart, equation dan text box.

Walaupun seperti itu, hal tersebut tidak mengurangi fungsionalitas dari layanan online ini. Anda bisa menggunakannya tanpa harus memasang software di laptop atau PC.

2. Dapatkan Akses MS Office Gratis dari Kampus atau Sekolah

Jika Anda adalah seorang siswa atau mahasiswa, silahkan memanfaatkan program Office 365 Education secara gratis. Office 365 Education adalah program kerjasama antara Microsoft Office dengan institusi pendidikan di seluruh dunia.

Kunjungi situs https://www.microsoft.com/en-us/education/products/office untuk mengecek apakah kampus atau sekolah Anda bergabung pada program tersebut dengan memasukkan alamat email institusi.

Selanjutnya, jika Anda sudah lulus ternyata Anda akan diberikan diskon khusus alumni untuk berlangganan. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 14 ribuan untuk per bulan.

3. Manfaatkan Free Trial Microsoft Office 365

Jika Anda belum pernah mendaftarkan akun di Microsoft Office 365, coba manfaatkan kesempatan untuk mendapatkan free trial selama satu bulan.
Kunjungi langsung situs https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/try untuk mendapatkan uji coba gratis mengakses Microsoft Office 365.

Anda bisa mencoba Microsoft Office 2019 secara full site dan mendapatkan memori cloud di OneDrive sebesar 1 TB. Untuk mencoba free trial ini, pihak Microsoft akan meminta data akun PayPal, kartu debit atau kartu kredit Anda.

4. Manfaatkan Free Trial Office 365 ProPlus

Jika masa trial Microsoft Office 365 sudah habis, Anda bisa mencoba gratis Office 365 ProPlus ini. Sama halnya dengan free trial MS Office 365, di sini Anda juga bisa menggunakan Office 365 ProPlus secara gratis selama satu bulan.

Akses Office 365 ProPlus bisa dikatakan hampir sama dengan Microsoft Office 365. Silahkan untuk memanfaatkan fitur free trial yang diberikan.

5. Gunakan Microsoft Office Via Mobile Apps

Microsoft Office dapat diakses langsung lewat laptop, PC hingga mobile apps. Aplikasi mobile ini memiliki layanan yang sama dengan office online yang sudah dibahas tadi.

Anda bisa mengakses MS Office secara gratis di Android dan iOS. Pada Android, Anda bisa mengunduh layanan microsoft terpisah, mulai dari Word, PPT, Excel, Outlook, One Notes hingga One Drive.

Sedangkan pada iOS, Microsoft Office tersedia langsung di dalam satu paket dan hanya tersedia tiga layanan utama: MS Word, MS Excel dan Power Point.

6. Gunakan Aplikasi Alternatif yang Gratis

Sudah banyak aplikasi alternatif lain yang bisa digunakan secara gratis dan tentunya legal untuk menggantikan Microsoft Office. Seperti Google Suite, Open Office, Libre Office dan yang lainnya dengan layanan yang hampir sama. Software alternatif ini tentunya cukup kompatibel untuk menyimpan file atau dokumen dengan berbagai format.

Berikut itu lah cara menggunakan dan mendapatkan akses Microsoft Office gratis secara legal. Hindari penggunaan software bajakan untuk melindungi data Anda dan perangkat yang Anda gunakan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading