Sering Kirim Foto Lewat HP? Ketahui Bahaya yang Mengintai Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 November 2021 16:20
Pengunjung berswa foto di wahana Visual bertajuk Orient Kaleidoscope di Central Park Mall, Jakarta Barat, Jum'at (8/2). Wahana tersebut ramai dikunjungi masyarakat untuk berfoto selfie dan menikmati seni 3D. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu sering mengirimkan foto lewat HP, perlu diketahui ada bahaya yang mengintai. Yakni data pribadi kamu bisa jadi dikumpulkan oleh pelaku kejahatan siber.

Data pribadi bukan hanya bisa didapatkan dari aplikasi yang bergantung pada pelacakan lokasi. Misalnya mencari suatu tempat dengan menggunakan Google Maps.

Namun ternyata lokasi tersebut bisa diketahui dari hasil foto yang kita ambil sendiri. Laman CNet menuliskan setiap pengambilan foto atau merekam video dengan iPhone maka akan membentuk informasi terkait file, termasuk tanggal pembuatan dan lokasi pengguna.


Data-data tersebut akhirnya menyimpan yang disebut sebagai metadata di dalam media pengguna, dikutip Selasa (23/11/2021).

Metadata sendiri adalah informasi deskriptif membuat setiap gambar menjadi unik, dari tanggal pembuatan, informasi dan pengaturan kamera serta lokasi pengguna.

Sebenarnya metadata berguna, seperti mengelompokkan foto berdasarkan data yang didapatkan. Namun juga bisa menjadi masalah privasi, khususnya lokasi pada foto tersebut.

Misalnya ada seseorang yang memiliki akses ke foto yang disimpan dalam smartphone, maka dengan mudah mereka bisa menjelajahi metadata. Dengan begitu dapat mengidentifikasi lokal serta menemukan tempat tinggal atau tempat bekerja.

Untuk pengguna iPhone, sebenarnya bisa menghapus pengaturan lokasi foto. Ini caranya:

  1. Buka aplikasi Photos, dan pilih foto yang ingin disesuaikan.
  2. Swipe up foto tersebut atau klik tombol (i) atau info untuk melihat informasi foto.
  3. Selanjutnya tekan tombol Adjust dan akan membuat menunjukkan alamat atau lokasi saat foto diambil.
  4. Terakhir, tekan No Location dan akan diarahkan kembali ke informasi foto. Yaitu map akan menghilang dan metadata lokasi akan hilang.

Selain menghilangkan data, pengguna iPhone juga bisa memalsukan informasi. Dengan begitu pada foto akan terlihat lokasi lain bukan sebenarnya. Ini cara untuk melakukan spoofing lokasi:

  1. Masuk lagi ke aplikasi Photos, pilih foto lalu swipe up melihat informasi foto.
  2. Pada peta yang muncul, klik Adjust.
  3. Di bagian atas Adjust Location, isi lokasi atau alamat pada area pencarian. Saat memasukkan alamat akan ada saran di bagian bawahnya.
  4. Pilih lokasi yang ingin ada di dalam foto. Nantinya lokasi baru akan tersimpan di dalam metadata.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading