Ikutan Challenge Add Yours Instagram? Awas Datamu Dirampok!

Tech - Novina Putri, CNBC Indonesia
23 November 2021 12:55
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Kamu salah satu yang ikut challenge Instagram Story yang memberikan informasi nama panggilan hingga tanda tangan? Hati-hati ini bisa jadi perampokan data terbaru.

Seperti yang diketahui Instagram merupakan platform media sosial bersifat publik. Semua orang bisa mengakses akun orang lain bahkan bisa melihat unggahan Story sebelum durasi 24 jam berakhir.

Sementara prompt sticker yang ramai dimainkan pengguna Instagram beberapa hari terakhir menanyakan informasi yang cukup sensitif. Mulai dari variasi nama panggilan, tanda tangan, kota tempat tinggal, nama pasangan atau anak, dan tanggal lahir, hingga nama ibu kandung.


InstagramFoto: Instagram

Pengguna tinggal menekan sticker itu dan ikut bermain. Kebanyakan pengguna mengikutinya sesuai dengan pertanyaan, namun ada juga yang menanggapinya dengan bencana dan memberikan info asal-asalan.

Namun bisa jadi bencana jika kamu menjadi salah satu yang membagikan informasi sensitif itu. Sebab bisa saja pelaku kejahatan mengumpulkan seluruh informasi yang dapatkan.

Salah satunya bisa mendapatkan kombinasi password, bisa dari info nama, tanggal lahir atau informasi lainnya.

Selain itu nama ibu bisa dijadikan untuk menjebol rekening bank. Pihak bank kerap menanyakan nama ibu kandung untuk mengonfirmasi data nasabahnya.

Dengan begitu sebaiknya berhati-hati saat melakukan challenge seperti yang terjadi Instagram.

Sejumlah pengguna Twitter juga mencoba mengingatkan soal tren tersebut. Banyak pengguna juga yang membagikan kisahnya setelah mengikuti challenge sticker di Story tersebut, termasuk yang telah ditipu tak lama ikut permainan itu.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading