Pintar Sembunyi, Aplikasi 'Rampok' Ini Bisa Curi Uang & Data

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 November 2021 06:35
INFOGRAFIS, Rampok Ngumpet Lewat Apps Android Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepolisian menemukan delapan aplikasi yang disusupi virus jahat Joker. Aplikasi tersebut dilaporkan bisa merampok data dan uang para korbannya.

Virus jahat ini akan membuat ponsel para korbannya berlangganan layanan premium atau berbayar. Korban tidak akan dimintai persetujuan untuk berlangganan layanan ini dan uang mereka akan hilang tanpa disadari.

"Program jahat ini telah terdeteksi pada delapan aplikasi di Play Store yang telah ditekan oleh Google," kata Kepolisian Belgia seperti dikutip dari Times of India, Selasa (23/11/2021).


Google telah menghapus seluruh aplikasi bermasalah dari layanan toko aplikasinya. Namun ancaman masih akan diterima bagi mereka yang telah memasang (install) aplikasi di smartphonenya.

Untuk pengguna Android yang memiliki aplikasi tersebut di perangkat masing-masing diminta untuk menghapusnya segera.

Ini daftar delapan aplikasi bermasalah tersebut:

1. Auxiliary Message
2. Element Scanner
3. Fast Magic SMS
4. Free CamScanner
5. Go Messages
6. Super Message
7. Super SMS
8. Travel Wallpapers

Virus Joker adalah salah satu malware yang ditemukan di Play Store dan ada di ribuan aplikasi Android. Malware tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2017 lalu.

Peneliti dari Quick Heal juga menemukan jika virus Joker tidak hanya mencuri uang korban. Namun juga akan mencuri data para pengguna mulai dari SMS, daftar kontak, informasi perangkat, hingga one time password.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading