Anti Ribet Ribet Club! Ini 8 Cara Mudah Screenshot di Laptop

Tech - Tim, CNBC Indonesia
08 November 2021 11:56
Gerai warung kopi di Tangerang Selatan menyediakan fasilitas internet gratis untuk membantu para pelajar mengikuti belajar daring. Kamis, (30/7/20). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Warung kopi (warkop) di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, sediakan internet gratis untuk siswa yang kesulitan mengikuti proses belajar daring.

Rizki, selaku pemilik warung kopi mengaku tergerak untuk membantu para siswa di sekitar tempat usahanya lantaran banyak yang kesulitan mengikuti kegiatan belajar jarak jauh karena kesulitan membeli kuota internet, atau bahkan hanya memiliki satu ponsel yang digunakan orangtua mereka untuk bekerja.   

Kita kan baru mulai hari ini, alhamdulillah cukup tinggi antusiasnya. Karena kebanyakan orangtuanya cuma punya satu ponsel. Kayak yang kerjanya ojol, jadi dibawa buat tarik penumpang,

Jakarta, CNBC Indonesia - Cara screenshot di Laptop merupakan metode tangkap gambar yang wajib diketahui oleh para pengguna perangkat komputer. Fitur screenshot sendiri mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone.

Namun bagaimana ya cara untuk menggunakan fitur screenshot di Laptop? Simak cara screenshot di Laptop dengan mudah dan cepat di bawah ini:

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan PrtScn Key


Bagi para pengguna Windows 10, cara termudah untuk menangkap layar atau screenshot adalah dengan menggunakan tombol Print Screen yang ada di keyboard Anda.

Tombol PrtSc ini biasanya terletak di baris paling atas sebelah kanan. Pada beberapa laptop, akan diperlukan tombol function lainnya untuk memicu Print Screen.

Artinya, untuk melakukan tangkapan layar Anda harus menekan tombol function dan tombol Print Screen. Ini dia beberapa cara screenshot di Laptop Windows 10 dengan PrtScn Key:

1. Cara Screenshot di Laptop dengan Tombol PrtSc

Hanya perlu klik tombol PrtSc untuk menangkap gambar dan hasil screenshot akan tersimpan di clipboard. Anda bisa langsung menempelkan (paste) hasil screenshot secara langsung seperti contohnya di word. Cara mudah untuk paste gambar adalah dengan menekan tombol CTRL + V.

2. Cara Screenshot di Laptop dengan Alt + PrtSc

Jika Anda hanya ingin menangkap layar yang sedang aktif saja maka tombol pintas Alt + PrtSc adalah jawabannya. Misal Anda membuka YouTube dengan tampilan minimize, maka hasil yang ditangkap hanyalah jendela YouTube tersebut. Hasil screenshot disimpan di clipboard dan bisa di-paste (CTRL+V) pada aplikasi Paint.

3. Cara Screenshot di Laptop dengan Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di Laptop selanjutnya adalah dengan cara menekan tombol Windows + Shift + S di keyboard. Ini adalah aplikasi bawaan dari Windows yang dinamakan Snip & Sketch.

Hanya perlu membuka halaman yang akan di-screenshot lalu tekan tombol kombinasi Windows + Shift + S agar aplikasi Snip & Sketch terbuka. Setelah itu layar laptop akan meredup dan petunjuk mouse berubah.

Anda bisa menarik untuk menentukan bagian layar mana saja yang akan di-screenshot. Anda bisa mengedit hasil screenshot pada aplikasi Snip & Sketch lalu simpan dengan mengklik ikon Save pada bagian atas.

4. Cara Screenshot di Laptop dengan Windows + PrtScn

Kombinasi tombol Windows + PrtSc digunakan untuk menangkap seluruh layar. Selain itu, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol lainnya seperti Fn + Windows + PrtSc untuk screenshot seluruh layar laptop. Hasil screenshot disimpan sebagai gambar dan bisa dilihat pada folder Picture lalu subfolder Screenshots.

5. Cara Screenshot di Laptop dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda bisa melakukan screenshot di laptop dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PhotoScape, GreenShot, ShareX, dan yang lainnya. Download terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga untuk digunakan menangkap layar pada laptop.

Cara Screenshot di MacBook Dengan Mudah

Bagi para pengguna MacBook tentunya cara screenshot di MacBook akan berbeda dengan laptop lainnya. MacBook menggunakan macOS, sedangkan laptop lainnya menggunakan Windows atau Linux. Ini dia cara screenshot di MacBook:

1. Shift + Command + 3

Kombinasi tombol ini digunakan untuk screenshot tangkapan layar penuh di Macbook. Klik gambar mini di sudut layar untuk mengedit hasil screenshot.

Jika tidak ingin mengedit gambar, maka Anda hanya perlu menunggu hingga hasil screenshot tersimpan pada desktop MacBook.

2. Shift + Command + 4

Cara screenshot di laptop MacBook selanjutnya adalah dengan kombinasi tombol Shift + Command + 4. Kombinasi ini bisa menangkap sebagian layar saja.

Setelah menekannya berbarengan, Anda bisa menarik petunjuk bidik untuk memilih area layar yang akan di-screenshot. Jika ingin memindahkannya cukup tahan bar spasi dan tarik petunjuk bidik.

3. Shift + Command + 4 + Bar Spasi

Jika ingin menangkap layar pada jendela tertentu maka Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Shift + Command + 4 + Bar Spasi. Lalu klik jendela atau menu yang akan di-screenshot dan tekan serta tahan tombol Option.

Anda bisa mengedit hasil screenshot atau menunggu hasil tangkapan layar hingga tersimpan di desktop MacBook.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cara Screenshot Layar di Laptop & Komputer Tanpa Aplikasi


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading