Pintar Sembunyi, Aplikasi 'Rampok' Ini Bisa Curi Uang & Data!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 November 2021 10:20
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada sejumlah aplikasi Android yang dideteksi dapat mencuri uang dan data para pengguna. Ini diungkapkan oleh Kepolisian Belgia beberapa waktu lalu.

Aplikasi tersebut dikatakan mengandung virus Joker. Yakni merupakan salah satu malware yang sering mengincar smartphone Android. Virus itu pertama dideteksi pada tahun 2017 dan menginfeksi ribuan aplikasi di Play Store.

Virus Joker ini membuat HP korban akan berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan dan persetujuan pengguna. Dengan begitu membuat uang mereka terkuras tanpa disadari.

Menurut Peneliti Quick Heal, Virus Joker juga mencuri data korban lainnya. Mulai dari SMS, daftar kontak, informasi perangkat, hingga kode One Time Password (OTP).

Kepolisian Belgia mendeteksi virus Joker ada dalam delapan aplikasi Android. "Program jahat ini telah terdeteksi pada delapan aplikasi di Play Store yang telah ditekan oleh Google," kata Kepolisian Belgia seperti dikutip dari Times of India, Kamis (4/11/2021).

Kabarnya Google telah menghapus seluruh aplikasi bermasalah tersebut. Namun ancaman masih ada apabila aplikasi telah terpasang dalam ponsel, sehingga pengguna diminta untuk menghapusnya.

Berikut delapan aplikasi tersebut:

1. Auxiliary Message
2. Element Scanner
3. Fast Magic SMS
4. Free CamScanner
5. Go Messages
6. Super Message
7. Super SMS
8. Travel Wallpapers



[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading