Ratu Belanda Sebut-sebut Gojek di Forum G20, Ada Apa?

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
31 October 2021 16:09
Queen Máxima of the Netherlands, UN Secretary-General's Special Advocate for Inclusive Finance for Development, visits a Jordanian family in Salt, about 30 km north of Amman, Jordan, Monday, Feb. 11, 2019. Queen Maxima is scheduled to meet with King Abdullah II and Queen Rania during her Two-day visit to Jordan. (AP Photo/Raad Adayleh)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ratu Maxima dari Belanda menyampaikan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling terdampak dari pandemi Covid-19. Sehingga harus menjadi perhatian serius bagi dunia.

Hal ini disampaikan Maxima di forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Roma, Italia.


"Kita bersatu dalam upaya mencegah kemiskinan, ketimpangan, dan kekuatan dan keberlanjutan, dan UKM dapat membantu kita dalam upaya ini," kata Ratu Maxima, Sabtu (30/10/2021).

Ratu Maxima menyebut, perusahaan aplikasi berbagi tumpangan (ride-hailing) asal Indonesia, Gojek, adalah salah satu contoh inspiratif yang menggunakan ekosistem digitalnya untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurutnya, digitalisasi, terutama di sektor UMKM menjadi kunci agar usaha mikro dapat memanfatkaan peluang, terutama di saat pandemi Covid-19.

"Pengalaman menunjukkan, bahwa digitalisasi membuat bisnis lebih efisien, dan membantu mereka bahkan untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja yang berkembang di banyak negara. Ini juga membuka pasar baru. Salah satu contoh inspiratif yang saya lihat ada di Indonesia, namanya GoJek," kata Ratu Maxima.

Saat ini Gojek telah menggabungkan usahanya dengan Tokopedia, GoTo. Ekosistem ini disebut-sebut telah mencakup 2% dari total PDB Indonesia.

Pada 2020, total nilai transaksi bruto Grup (GTV) sudah lebih dari US $ 22 miliar pada tahun 2020. Lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020. Total armada pengemudi terdaftar lebih dari dua juta pada Desember 2020. Lebih dari 11 juta mitra pedagang per Desember 2020. Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU).

"Gojek adalah aplikasi ride-hailing yang menggunakan ekosistem digitalnya untuk membantu usaha kecil mendigitalkan pemasaran, pembayaran, dan penjualan, sekarang tiba-tiba UKM ini terhubung ke dunia yang lebih besar," ungkap Maxima.

"Banyak dari mereka membuat lompatan ke depan dan memperluas bisnis mereka di luar keberadaan fisik mereka, tentu saja inovasi seperti ini membutuhkan akses luas ke digital dan pengembangan keterampilan digital," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gojek akan Luncurkan GoCar di Vietnam Akhir Tahun


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading