Ambisi Elon Musk Sebelum Mati: Bangun Pabrik Tesla di Mars

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 October 2021 11:02
Elon Musk Foto: r

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk punya ambisi untuk membuat koloni manusia di Mars. Sekarang ia berharap bisa membangun pabrik mobil Tesla di planet merah itu.

Hal ini disampaikan dalam rapat pemegang saham Tesla pekan lalu. Ketika itu ada salah satu peserta yang bertanya kepada Elon Musk kapan Tesla akan memulai membuat kendaraan "di luar planet [Bumi]".

"Hal itu mungkin butuh beberapa tahun lagi sebelum Tesla memiliki pabrik pertama di luar planet [Bumi]," ujar Elon Musk merespons pertanyaan itu seperti dikutip dari Fox Business, Rabu (13/10/2021).


"Maksudnya, Saya ingin melihat itu sekali saja sebelum meninggal. Itu akan keren." lanjut Elon Musk. "Saya tidak tahun berapa lama itu bisa direalisasi. Saya berharap sebelum saya meninggal, itu pasti hebat."

Elon Musk sendiri telah mengirimkan satu mobil Tesla ke luar angkasa menggunakan roket. Ia juga berambisi membangun kota berpenduduk 1 juta manusia di Mars pada 2050 melalui SpaceX.

Saat ini Tesla memiliki empat fasilitas produksi listrik di Bumi. Yakni: Fremont (California), Sparks (Nevada), Buffalo (New York) dan Shanghai (China). Ada dua lagi dalam proses pembangunan, di Berlin (Jerman), dan di Austin Texas.

Ide membangun pabrik di luar angkasa bukanlah hal baru. Pendiri Amazon Jeff Bezos pernah mengutarakan niat ini. Pada Juli lalu setelah penerbangannya ke luar angkasa, ia mengatakan pabrik yang berpolusi perlu dipindahkan ke luar angkasa untuk melindungi lingkungan Bumi.

"Kita perlu mengambil semua industri berat, semua industri yang berpolusi, dan memindahkannya ke luar angkasa. Pertahankan Bumi sebagai permata indah dari galaxy ini," ujar Jeff Bezos kepada MSNBC, dikutip dari Daily Mail.

"Kita hidup di planet yang indah," lanjut Jeff Bezos. "Anda tidak dapat membayangkan betapa tipisnya atmosfer ketika Anda melihatnya dari luar angkasa."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading