Update iPhone & iPad Kamu Sekarang Atau Jadi Incaran Hacker

Tech - roy, CNBC Indonesia
12 October 2021 14:20
FILE PHOTO: A customer holds the iPhone X during the global launch of the new Apple product in central Sydney, Australia, November 3, 2017.     REUTERS/David Gray/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu memiliki iPhone atau iPad, lebih baik segera memperbaharui sistem operasi. Apple baru saja mengumumkan ditemukannya kerentanan baru zero-day yang memengaruhi banyak smartphone dan tablet Apple.

Patch ini hadir dalam pembaruan terbaru, untuk iPhone ada iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2 bagi iPad.

Dalam pengumumannya, Apple mengatakan kerentanan ini memengaruhi perangkat "iPhone 6s dan lebih baru, iPad generasi ke-5 dan lebih baru, iPad Mini 4 dan lebih baru dan iPod touch (generasi ke-7).


Bug berada dalam perangkat iOMobileFrameBuffer dan jika ini dapat dieksploitasi dengan benar maka hacker bisa menggunakannya untuk mengeksekusi kode arbitrer dengan hak kernel para perangkat target, seperti dikutip dari Gizmodo, Selasa (12/10/2021).

Hal ini akan memungkinkan hacker untuk membajak ponsel atau tablet korban dan melakukan apa yang mereka inginkan termasuk menyuntikkan malware atau mencuri data pengguna.

Apple mengatakan zero-day ditemukan oleh "peneliti anonim" tetapi tidak memberikan banyak detail tentang siapa yang mungkin melakukannya atau bagaimana itu ditemukan. Mereka memberinya sebutan CVE-2021-30883.

Memperbaharui sistem operasi pada smartphone merupakan cara yang paling baik untuk mengatasi adanya kelemahan keamanan bagi pengguna iPhone dan iPad. Caranya buka Setting > General > Software Update.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading