Cara Download Windows 11, yang Bakal Rilis 5 Oktober

Tech - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
04 October 2021 18:20
UI Windows 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pengguna akhirnya segera bisa menggunakan Windows 11 mulai Selasa (5/10/2021). Microsoft membawa sederet desain dan fitur baru pada sistem operasi tersebut. Berdasarkan blog Microsoft, upgrade gratis ke Windows 11 bisa didapatkan pada 5 Oktober dan akan dilakukan bertahap dan diukur dengan fokus pada kualitas.

"Pembaruan kemudian akan diluncurkan dari waktu ke waktu ke perangkat di pasar berdasarkan model yang mempertimbangkan kelayakan perangkat keras, metrik keandalan, usia perangkat, dan faktor lain yang memengaruhi pengalaman peningkatan. Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022," tulis Microsoft, dikutip Senin (4/10/2021).

Jika saat ini pengguna menggunakan PC Windows 10 yang memenuhi persyaratan, maka Windows akan melakukan pemberitahuan saat tersedia. Pengguna juga dapat memeriksa untuk melihat apakah Windows 11 siap untuk perangkatnya. Begini langkah yang bisa dilakukan pengguna:


1. Masuk ke Pengaturan
2. Pembaruan Windows
3. Pilih Periksa pembaruan.
4. Jika tersedia, Anda akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11.
5. Klik Unduh dan instal.

Disebutkan, PC baru akan mendapatkan peningkatan terlebih dahulu, dan semua perangkat yang kompatibel diharapkan akan menerimanya pada pertengahan 2022, tergantung pada usia perangkat dan perangkat kerasnya.

Dalam Windows yang resmi meluncur besok, pada Start akan menampilkan banyak konten penggunanya. Microsoft menyebut Start menggunakan kekuatan dari cloud dan Microsoft 365 yang menunjukkan file terbaru dengan perangkat apapun pengguna melihatnya.

Berikutnya Snap Layout, Group dan Desktop akan hadir dengan melakukan banyak tugas dan mengoptimalkan layar. Kemudian Microsoft Teams juga kebagian pengembangan pada Windows 11 ini. Chat dari platform akan terintegrasi dengan task bar dengan begitu akan lebih cepat untuk terhubung dengan pengguna lain.

Dari sisi Widget akan dipersonalisasi dengan menggunakan AI. "Menyediakan cara cepat mengakses informasi yang penting untuk Anda," kata Microsoft.

"Dan dengan fitur performa, kecepatan, dan produktivitas kelas dunia di Microsoft Edge, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak hal di web".

Dari sisi game, Windows 11 akan menghadirkan teknologi seperti DirectX13 Ultimate, DirectStorage, dan Auto HDR. Dengan Xbox Game untuk PC atau Ultimate, pengguna juga bisa mendapatkan akses ke lebih dari 100 game PC untuk bisa dimainkan.

Dilansir dari CNet pembaruan yang dilakukan Windows menandai perubahan besar pertama pada sistem operasi Microsoft sejak Windows 10 diluncurkan kembali pada 2015. Rumor tentang desain ulang Windows telah beredar selama setahun terakhir.

Pada konferensi pengembang Microsoft Build pada 25 Mei, CEO Satya Nadella mengatakan Microsoft sedang merencanakan salah satu pembaruan Windows paling signifikan dalam dekade terakhir. Dia membenarkan bahwa perubahan besar ada di cakrawala untuk 1,3 miliar pengguna OS di 2021. Pada pertengahan Juni, Microsoft diam-diam mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Windows 10 pada tahun 2025 karena bocoran gambar Windows 11 menyebar.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading