Jangan Panik, Begini Cara Mengembalikan WhatsApp yang Dibajak

Tech - NBP, CNBC Indonesia
01 October 2021 13:15
Infografis: WhatsApp Belum Benar-benar Aman

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyaknya jumlah pengguna menjadi alasan hacker jahat menargetkan pembajakan WhatsApp. Korbannya mulai dari orang-orang terkenal hingga orang biasanya.

WhatsApp dibajak bisa membuat masalah bagi korban. Sebab akun tersebut bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan. Contohnya meminta sejumlah uang pada teman korban atau memeras korban dengan janji akun WhatsApp dikembalikan.

Berikut ciri-ciri akun WhatsApp dibajak atau disadap seperti dikutip dari media sosial Siber Polri, Jumat (1/9/2021):


1. Akun pengguna mendadak logout atau keluar sendiri dari aplikasi WhatsApp

WhatsApp hanya mengizinkan penggunaan akun WhatsApp dengan nomor ponsel sama pada satu smartphone. Ketika akun WhatsApp kamu keluar dengan sendiri artinya ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama di smartphone lain.

2. Pesan telah terbaca Kamu merasa belum membaca pesan tetapi pesan itu ada centang biru tanda sudah terbaca, kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.

3. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna

Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp kamu.

4. WhatsApp Web tiba-tiba aktif

Untuk mengecek apakah orang lain menggunakan akun WhatsApp kamu atau tidak, klik ikon tiga titik di kanan atas tampilan aplikasi WhatsApp kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana akan terlihat pad aplikasi apa WhatsApp kamu terkoneksi.

Cara Ambil Alih WhatsApp yang Dibajak

WhatsApp yang dibajak bisa dikembalikan. Asalnya nomor ponsel yang didaftarkan di akun WhatsApp masih aktif dan masih dimiliki korban penipuan.

Caranya, delete atau uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel. Kemudian install kembali WhatsApp ke ponsel. Nantinya akan muncul pesan singkat (SMS) notifikasi dari WhatsApp yang berisi one time password (OTP) yang berisi angka enam digit. Masukkan nomor tersebut untuk memverifikasi akun WhatsApp.

"Akun WhatsApp yang ada di tangan hacker akan secara otomatis logout (keluar) sebab WhatsApp hanya mengizinkan satu akun WhatsApp pada satu nomor ponsel," jelas pakar keamanan Vaksincom Alfons Tanujaya beberapa waktu lalu.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp yang dibajak. Untuk ini kamu harus mengirimkan email [email protected] menuliskan "Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya". Setelah penonaktifan ini kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang telah dihapus.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Akun Sulit Dibajak & Disadap


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading