Fitur 'Rahasia' WhatsApp yang Jarang Diketahui, Pernah Coba?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 October 2021 06:35
Infografis: Mode Liburan Hingga 'Always Mute' Ini 5 Fitur WhatsApp Baru!

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp menjadi salah satu platform pesan instan terpopuler dunia saat ini. Dengan aplikasi tersebut, pengguna dapat bertukar pesan, melakukan panggilan suara hingga video.

WhatsApp juga hadir dengan banyak fitur yang bisa digunakan penggunanya. Misalnya dapat menandai pesan penting lewat Starred Messages, yang membuat pengguna tak perlu repot mencari pesan tersebut nantinya.

Namun ada banyak fitur lagi yang mungkin pengguna belum tahu atau tidak mengetahui cara menggunakannya. Nah, berikut ini fitur-fitur rahasia yang bisa kamu gunakan di WhatsApp:


Disappearing Messages

Kamu ingin punya pesan rahasia yang menghilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu? Berarti kamu harus menggunakan fitur ini. Pesan yang kamu kirimkan akan otomatis menghilang setelah tujuh hari dikirimkan.

Untuk mengaktifkannya, buka kontak yang ingin kamu bagi pesan rahasia. Lalu klik nama kontak di bagian atas layar setelahnya tekan Disappearing Messages dan pilih 'on'.

Namun perlu diingat, pesan dan konten akan menghilang setelah fitur diaktifkan. Sementara gambar yang terkirim akan tersimpan di dalam ponsel pengirim dan penerima pesan secara otomatis.

Custom Notifikasi

Kamu dapat mengatur suara notifikasi yang berbeda tiap kontak yang kamu miliki. Ini berlaku bagi WhatsApp di perangkat Android dan juga iOS.

Bagi pengguna Android dapat menggunakannya dengan menekan ikon Menu berikut pilih View Contact, selanjutnya ke Custom Notification serta centang bagian kontak dan selesaikan pengaturan. Sementara bagi pengguna iPhone dengan menekan nama kontak dan pilih Custome Tone.

Export Chat

Jika kamu perlu untuk menyimpan chat dapat menggunakan fitur export chat. Untuk Android caranya dengan menekan tombol menu berikutnya pilih More dan masuk ke Export Chat.

Untuk iPhone, klik nama kontak dan berikutnya scrolling layar ke bawah hingga menemukan Contact Info. Terakhir pilih menu Export Chat.

Detail Pesan

Bagi kamu yang penasaran apakah pesan kamu terkirim dan sudah dibaca, terdapat fitur untuk melihat informasi tersebut. Di tiap pesan akan terdapat detail info.

Bagi pengguna iPhone, kamu bisa melihatnya dengan menggeser kiri pesan yang dikirim. Untuk kamu pengguna Android bisa melihat info tersebut dengan menekan pesan dan akan muncul tombol menu berikutnya Info.

Starred Messages

Hampir tiap hari akan ada banyak pesan yang masuk ke WhatsApp. Kamu mungkin akan bingung saat akan mencari pesan penting ditumpukkan chat-chat tersebut.

Tapi hal itu bisa dihindari dengan cara menandainya. Kamu dapat melakukan dengan menekan chat yang ingin ditandai dan berikutnya tekan ikon bintang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WhatsApp Diblokir Pengguna Lain, Ini Tanda-tandanya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading