Jangan Upload Video Ini ke YouTube, Atau Diblokir Massal

Tech - NBP, CNBC Indonesia
30 September 2021 08:15
REFILE - ADDING MISSING WORDS  Silhouettes of laptop and mobile device users are seen next to a screen projection of Youtube logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - YouTube mengambil tindakan tegas atas misinformasi soal vaksin Covid-19. Aplikasi berbagi video ini akan memblokir konten video yang menyebarkan misinformasi mengenai vaksin Covid-19.

Bahkan YouTube juga memblokir akun milik influencer anti-vaksin seperti Josepht Mercola dan Robert F. Kennedy Jr dengan alasan "kebutuhan untuk menghapus konten berbahaya yang mengerikan".

Kebijakan baru ini dibuat ketika YouTube melihat klaim palsu soal vaksin Covid-19 "berubah menjadi misinformasi mengenai vaksin secara umum," tulis YouTube dalam keterangan resminya, seperti dilaporkan NBC, Kamis (30/9/2021).


Langkah YouTube ini mengikuti Facebook yang telah menerapkan aturan serupa sejak Februari 2021. Tantangan dari kebijakan ini adalah menegakkan aturan karena beberapa komunitas anti-vaksin dikenal karena kecakapannya dalam menghindari moderasi konten.

Kreator anti-vaksin telah berkembang pesat di YouTube selama lebih dari satu dekade. Mereka pindah ke YouTube setelah media tradisional berhenti mempromosikan pesan mereka. Hal ini membuat organisasi advokasi vaksin sulit membendungnya.

"Sangat frustrasi untuk mencoba dan berbagi informasi berbasis sains yang baik tentang vaksin di YouTube," ungkap Erica DeWald, direktur komunikasi Vaccinate Your Family, lembaga non profit yang mengadvokasi vaksin.

"Kami berharap ini adalah langkah positif untuk memastikan orang memiliki akses ke informasi yang benar tentang vaksin dan akan memberikan sinyal kepada perusahaan media sosial lainnya untuk mengikutinya."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cara Pakai View Once WhatsApp, Hapus Foto & Video Otomatis


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading