Berulang Kali Diblokir Bappebti, Binomo Legal atau Ilegal?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 September 2021 13:05
U.S. dollar and Euro banknotes are seen in this picture illustration taken May 3, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Ratusan domain situs berjangka komoditi tak berizin kembali diblokir oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Per Agustus 2021 lalu terdapat 249 domain yang diblokir termasuk Binomo.

Dalam daftar Bappebti ada empat domain situs Binomo, yakni https://binomo-investment.com/; https://binomolink.com/; Binomo https://binomoclub.com/; dan https://loginbinomo.biz/.

Nama Binomo memang cukup dikenal karena beberapa waktu lalu sempat hadir secara terus menerus di media sosial dan beragam situs. Bahkan domainnya sudah berkali-kali diblokir tapi tetap bisa muncul kembali.


Melansir laman Euro-nomics, Binomo merupakan salah satu broker international paling populer. Laman itu menuliskan Indonesia jadi salah satu negara aktif untuk Binomo termasuk juga India, China, Asia dan Brasil.

Situs itu menuliskan, Binomo memberikan kesempatan pada penggunanya untuk bertaruh pada pasar saat jatuh atau naik dengan pilihan opsi biner yang efektif. Terutama untuk menghasilkan keuntungan tertinggi dalam waktu singkat. Orang-orang juga dapat keragaman lebih dari 200 aset untuk berinvestasi.

Nah, Binomo hingga kini belum terdaftar sebagai salah satu penyedia perdagangan berjangka di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Menurut hukum Indonesia setiap penyelenggara perdagangan berjangka yang ingin beroperasi di tanah air harus mendapat izin dari Bappebti.

Tujuan perlu mendapatkan izin agar perdagangan tersebut diawasi dengan seksama dan bisa dimintai pertanggungjawabannya jika terjadi masalah dan memberikan perlindungan kepada konsumen.

Sebagai informasi, pemblokiran yang dilakukan Bappebti merupakan yang terpanjang sepanjang 2021. Sejumlah domain diketahui membuat penawaran iklan dan promosi tentang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) tanpa izin.

"Pemblokiran di bulan Agustus 2021 ini menjadi yang terbanyak sepanjang 2021. Pengawasan dan pengamatan ini bertujuan untuk mencegah adanya kerugian masyarakat. Hal ini mengingat saat ini banyak modus baru yang muncul untuk menarik masyarakat agar tergiur mengikuti investasi di bidang PBK tanpa perlu memperhatikan pentingnya memiliki pengetahuan tentang mekanisme trading di PBK kata Kepala Bappebti, Indrasari Wisnu Wardhana dalam keterangan resminya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading