Indosat-Tri Merger, Pengamat: Game Changer Bisnis Seluler

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 September 2021 07:45
ISAT dan TRI/detik

Jakarta, CNBC Indonesia - Operator seluler Indosat dan Tri Indonesia sudah sepakat merger. Nama perusahaan gabungan ini adalah PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison). Menurut pengamat, merger ini bisa mendorong pemain lain untuk melakukan hal yang sama.

"Dan mungkin mendorong merger pemain lainnya. Karena industri ini hanya sehat untuk 3-an pemain saja," kata Direktur Eksekutif ICT Institue, Heru Sutadi kepada CNBC Indonesia, Jumat (16/9/2021).

Dia menyebut merger dua perusahaan sangat baik untuk industri. Jumlah pemain di industri juga jadi sederhana dan diharapkan industri menjadi sehat. Merger Indosat-Tri juga dikatakan Heru sebagai game changer untuk kompetisi bisnis seluler. Hasil merger ini akan head-to-head (berhadapan langsung) dengan Telkomsel.


"Pertama, merger Indosat Ooredoo dan Tri (Hutchison) tentu baik bagi industri secara keseluruhan. Jumlah pemain menjadi lebih sederhana dan diharapkan juga industri menjadi sehat," kata Heru. "Merger ini merupakan game changer kompetisi di bisnis seluler. Telkomsel akan head to head dengan Indosat Ooredoo Hutchinson".

Namun Heru mengatakan untuk mengalahkan Telkomsel, jalan Indosat-Tri Indonesia masih panjang. Sebab Telkomsel juga sudah kuat menguasai bisnis seluler Indonesia.

"Kalau mengalahkan Telkomsel jalannya masih panjang. Telkomsel sudah begitu kuat menguasai separuh bisnis seluler," jelasnya.

Dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, hasil merger keduanya menjadi operator seluler terbesar kedua di Indonesia. Diperkirakan juga pendapatan tahunan perusahaan mencapai US$3 miliar.

Perusahaan juga memperkirakan rasio proses (run rate) tahunan sinergi sebelum pajak akan capai US$300-400 juta dalam 3-5 tahun mendatang.

Sementara itu, Managing Director of Ooredoo Group, Aziz Aluthman Fakhroo mengatakan perusahaan akan membawa nilai dan keuntungan signifikan bagi pemangku kepentingan. Diantaranya pemegang saham Indosat Ooredoo, Ooredoo Group, pelanggan, karyawan dan masyarakat Indonesia.

"Melalui skala ekonomi dan sinergi dari kedua perusahaan yang saling melengkapi ini, perusahaan gabungan akan mampu untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk pemegang saham dan melanjutkan pertumbuhan bisnis yang telah dicapai Indosat Ooredoo," ujarnya.

"Hal yang tidak kalah penting adalah perusahaan gabungan akan hadir dengan kekuatan dan skala yang lebih besar untuk mempercepat transformasi digital Indonesia, serta peningkatan kinerja jaringan dan layanan untuk pelanggan yang lebih baik."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Resmi! Operator Seluler Indosat & Tri Indonesia Merger


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading