10 Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja

Tech - Tim, CNBC Indonesia
09 September 2021 17:20
Microsoft Excel

Jakarta, CNBC Indonesia - Excel menjadi salah satu software spreadsheet yang paling banyak dipakai hampir di semua bidang pekerjaan.

Fungsi utama software yang satu ini untuk mengolah data hingga mengelola teks dan membuat diagram dan grafik. Excel juga berguna untuk membuat data-data sederhana.

Berikut 10 rumus excel yang paling populer dan banyak dipakai. Kamu perlu ingat untuk menggunakan rumus ini harus didahului tanda sama dengan '=' kemudian pilih fungsi yang mau digunakan dan pilih kolom atau baris yang kamu ingin pakai untuk rumus tersebut.


1. SUM

Rumus yang satu ini merupakan rumus yang paling banyak dipakai karena berkaitan dengan fungsinya untuk menjumlahkan angka-angka. Fungsi SUM bisa digunakan untuk menambahkan data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range sekaligus.

2. IF

Fungsi yang ini untuk mengembalikan suatu nilai jika sebuah kondisi atau pernyataan bernilai benar. Fungsi ini juga menampilkan nilai jika kondisi atau pernyataan bernilai salah. IF juga bisa digunakan untuk banyak kondisi dengan cara menggabungkan beberapa fungsi IF sekaligus.

3. LOOKUP

Berfungsi untuk mencari sebuah nilai data pada suatu kolom maupun suatu row. LOOKUP sebenarnya sudah jarang digunakan sebab sudah beralih fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

4. VLOOKUP

Berfungsi untuk mencari suatu nilai data pada sebuah tabel, dimana setelah ditemukan akan menampilkan nilai di kolom yang lain dari tabel berdasarkan urutan kolom yang diinginkan. Salah satu contohnya untuk menampilkan nomor telepon dari tabel yang memuat data base perorangan.

5. MATCH

Fungsi yang satu ini untuk mencari nilai tertentu pada sebuah tabel. Keluaran dari fungsi ini berupa nomor urutan nilai yang dicari. Misalnya urutan nama buah, Apel, Belimbing dan Cherry, maka posisi relatif atau urutan nomor ketiga adalah Cherry.

6. CHOOSE

Fungsi yang satu ini digunakan untuk memilih dan menampilkan satu nilai pada sekumpulan atau satu list nilai. CHOOSE bisa berfungsi untuk memilih 1 nilai dari sampai 254 berdasarkan nomor indeks.Sebagai contoh, jika nilai 1 sampai 7 adalah nama hari dalam 1 minggu, maka CHOOSE akan menampilkan salah satu hari jika kita menggunakan nomor indeks 1-7.

7. DATE

Jika ingin menampilkan nomor seri sekuensial yang mempresentasikan suatu tanggal, maka bisa menggunakan DATE. Fungsi DATE sangat berguna jika menemukan kondisi di mana tahun, bulan dan tanggal pada cell terpisah.

8. DAYS

Menghitung jumlah hari diantara dua tanggal tak sulit lagi jika menggunakan fungsi yang satu ini. Fungsi ini antara lain bisa digunakan untuk melakukan hitung mundur sebuah acara atau mengetahui masa kadaluarsa bahan makanan.

9. FIND

Untuk menemukan suatu teks atau potongan teks tertentu pada sebuah cell yang berisi teks yang panjang bisa menggunakan fungsi yang satu ini. FIND selalu menghitung setiap karakter, baik byte tunggal atau byte ganda sebagai 1, tak peduli apa pun pengaturan bahasa default-nya.

10. INDEX

Fungsi INDEX untuk mengambil atau menghasilkan sebuah nilai dari range atau tabel. Fungsi ini akan mengambil suatu nilai tertentu di range atau tabel sesuai yang kita inginkan. Contoh "Wortel" dari list kolom sayuran {"Tomat","Wortel","Cabe"}, kita bisa melakukannya dengan fungsi INDEX dengan cara meng-index lokasi nilai yang kita inginkan. Pada contoh di atas, nilai "Wortel" terletak atau berada pada kolom ke-2.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading