Cara Hapus Akun Instagram Secara Permanen

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 September 2021 19:49
Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Mungkin ada beberapa dari kamu ingin menghapus akun media sosial seperti Instagram. Alasannya bisa dari bosan, melakukan detox media sosial atau ingin menghapus seluruh kenangan yang diunggah dalam media sosial itu.

Instagram membuka kesempatan untuk penggunanya menghapus akunnya. Saat akun dihapus maka seluruh profil, foto, video, komentar, likes dan followers akan dihapus secara permanen.

Sebagai catatan, sebelum menghapus akun, kamu mungkin ingin log-in dulu dan mengunduh seluruh informasi seperti foto dan unggahan yang ada dalam akun. Setelah akun dihapus kamu tidak akan memiliki akses ke tools Data Download Instagram.


Untuk meminta menghapus permanen akun Instagram, berikut caranya dari laman Help Facebook, dikutip Rabu (8/9/2021):

1. Buka laman Delete Your Account dari mobile browser atau komputer. Jika tidak log-in di web maka akan diminta untuk masuk terlebih dulu. Kamu tidak bisa menghapus akun dari dalam aplikasi Instagram.

2. Pilih opsi dari menu pilihan di samping Why are you deleting your account? dan masukkan kembali password kamu. Pilihan menghapus akun secara permanen akan muncul setelah memilih alasan dari menu.

3. Klik atau tap Delete (username).

Selain itu jika ingin menghapus akun yang berbeda berikut caranya:

1. Klik username di bagian atas layar dari Delete Your Account Page.
2. Klik menu gear sebelah Edit Profile dan pilih Log Out.
3. Masuk kembali ke akun yang ingin dihapus dan ikuti petunjuk di atas.

Sebagai informasi, setelah 30 hari permintaan menghapus akun, akun dan seluruh informasi kamu akan dihapus secara permaneh. Setelah itu kamu tidak bisa mengambil informasinya kembali.

Selama 30 hari tersebut, konten tetap patuh pada ketentuan Terms of Use dan Data Policy. Serta juga tidak bisa diakses oleh pengguna lain yang menggunakan Instagram.

Butuh waktu hingga 90 hari untuk menyelesaikan seluruh proses penghapusan. Salinan konten mungkin masih ada setelah 90 hari dalam backup storage yang digunakan perusahaan untuk memulihkan konten saat bencana terjadi, kesalahan software atau peristiwa kehilangan data lain.

Instagram juga bisa menyimpan informasi seperti masalah hukum, pelanggaran persyaratan atau pencegahan bahaya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Instagram Izinkan Pengguna Sembunyikan Likes, Ini Alasannya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading