e-Commerce ini Kuasai Brasil dalam 2 Tahun, Apa Rahasianya?

Tech - roy, CNBC Indonesia
30 August 2021 16:00
Desain : Freepik.com

Jakarta, CNBC Indonesia - E-commerce Shopee berhasil menjadi aplikasi belanja yang paling banyak diunduh di Brasil saat ini. Prestasi ini didapatkannya hanya dalam dua tahun setelah beroperasi di negeri Samba. Apa rahasianya?

Rahasia suksesnya ternyata dengan mengkombinasikan antara biaya belanja yang rendah dengan game yang menawarkan kupon bagi pengguna yang memenangkannya. Cara ini telah membuat penjualan Shopee di Brasil hampir sepertiga dari penguasa pasar Brasil, Magazine Luiza SA.

Shopee juga menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara dalam kurun waktu lima tahun menyalip pemain seperti Lazada yang didukung Alibaba, dan Tokopedia yang disokong SoftBank.


"Shopee memiliki rekam jejak terlambat masuk pasar dengan melihat pemain lain memecahkan masalah yang ada dan kemudian membangun siste untuk melompati masalah tersebut," kata Jianggan Li, analis dari Momentum Works, Senin (30/8/2021).

Titik kesuksesan Shopee di Brasil adalah masuk pasar dengan momentum yang tepat. Pandemi Covid-19 membuat konsumen enggan ke toko fisik dan mendorong penjualan e-commerce di negeri ini melonjak 44% menjadi US$42 miliar, menurut data EBANX.

Meski begitu Shopee masih merugi. Tapi untung ada divisi game Garena yang buat induknya SEA Ltd berhasil mencatatkan keuntungan. Garena berhasil mencatatkan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang disesuaikan sebesar US$740,9 juta sementara Shopee rugi US$579,8 juta.

"Uang yang dihasilkan satu sisi bisnis, yang merupakan sapi perah perusahaan, diinvestasikan kembali secara agresif di e-commerce Brasil dengan sukses," ungkap Thiago Macruz analis Itau BBA.

Tantangan terbesar Shopee di Brasil adalah sisi pengiriman di negara yang luas itu. Ini mengurangi ketergantungan pada sistem pos lokal dan bakal menghidupkan operator swasta.

Tantangan lainnya adalah kehadiran AliExpress yang membuka pasar untuk penjualan domestik dengan menggunakan skema komisi satu digit. AliExpress telah berada di Brasil selama 11 tahun. Shopee sendiri berusaha meningkatkan profitabilitas di Brasil dengan menarik komisi 18%. Strategi AliExpress bisa jadi ancaman bagi Shopee.

"Untuk meningkatkan profitabilitas Shopee dapat mulai menjual barang-barang dengan harga tinggi seperti yang terjadi di Asia Tenggara," ungkap analis Goldman Sachs.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading