Instagram Hapus Fitur Swipe-Up, Diganti Apa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 August 2021 14:05
Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Fitur swipe up di Instagram Stories akan segera dihapus tanggal 30 Agustus 2021. Alih-alih menggeser layar stories seperti sebelumnya, Instagram akan mengganti swipe up dengan Stiker Link.

Dengan Stiker itu, pengguna bisa mengkliknya dan akan dibawa keluar Instagram menuju ke web eksternal, dikutip dari The Verge, Kamis (26/8/2021).

Swipe up digunakan untuk orang dapat mengunjungi laman web eksternal dengan cara menggeser layar ke atas. Hanya beberapa pengguna yang punya hak untuk meletakkan swipe up, yakni akun terverifikasi atau memiliki setidaknya 10.000 followers.


Fitur itu dihentikan dengan tujuan merampingkan pengalaman saat membuat fitur Stories.

Pihak Instagram juga mengatakan penghapusan swipe up untuk membuat pengguna mendapatkan kontrol kreatif. Sebab link bisa diletakkan dalam format stiker bukan lagi dengan swipe up.

Kebijakan itu berdasarkan pengujian yang dilakukan Instagram beberapa waktu lalu. Perusahaan mengujinya untuk seluruh pengguna bukan hanya mereka yang punya hak untuk menampilkan swipe up.

Saat pengujian, Mantan Kepala Produk Instagram, Vishal Shah mengatakan stiker lebih cocok bagi orang yang menggunakan platform saat ini. Dia menambahkan tujuannya untuk menyebarkan fitur stiker lebih luas.

Lalu apa saja perbedaan antara swipe up dan Stiker Link? Selain dari gerakan untuk masuk ke web eksternal ada juga feedback dari pengguna lain. Para pengguna tidak bisa memberikan feedback pada fitur swipe up sementara mereka bisa menanggapi stories dengan Stiker Link.

Instagram memang belum membuka akses Stiker Link untuk semua orang. Hanya pengguna dengan hak swipe up yang bisa meletakkan stiker itu di Storiesnya namun perusahaan menambahkan 'masih mengevaluasi' meluncurkannya pada lebih banyak pengguna.

"(Pembaruan) akan membantu kami menentukan apakah keputusan tepat sebelum memperluas aksesnya ke lebih banyak orang," jelas juru bicara Instagram.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak! Cara Baru Hasilkan Lebih Banyak Uang di Instagram


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading