Dark Mode Bisa Hemat Baterai Ponsel? Baca Dulu Studi Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 August 2021 17:20
Infografis: Ponsel Cepat Low Batt? 10 Aplikasi ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Baik Android dan iOS telah memberikan opsi mode gelap atau dark mode pada penggunanya. Namun ternyata fitur itu tidak terlalu banyak menghemat masa pakai baterai.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Universitas Purdue, mode gelap (dark mode) tidak memberikan perbedaan besar pada masa pakai baterai dengan cara kebanyakan orang menggunakan ponsel setiap hari. Namun bukan berarti mode tersebut tidak membantu sama sekali.

"Saat industri bergegas mengadopsi mode gelap (dark mode), belum ada alat untuk mengukur secara akurat penarikan daya dengan piksel. Namun kami bisa memberi pengembang alat yang dibutuhkan untuk memberi pengguna aplikasi yang lebih hemat," kata Charlie Hu, profesor Teknik Elektro dan Komputer di Purdue, dikutip dari laman resminya, Selasa (24/8/2021).


Studi ini mengamati enam aplikasi yang banyak diunduh di Google Play yaitu Google Maps, Google News, Google Phone, Google Calnedar, Youtube dan Calculator. Tim peneliti menganalisa bagaimana mode gelap (dark mode) mempengaruhi aktivitas 60 detik di ponsel Pixel 2, Moto Z3, Pixel 4 dan Pixel 5.

Sebagai informasi, smartphone yang dirilis setelah tahun 2017 kemungkinan menggunakan layar OLED, yang berbeda dengan LCD karena tidak memiliki lampu latar. Pada jenis layar itu akan ada pengurangan daya saat piksel menampilkan warna gelap.

Layar OLED juga bisa membuat smartphone menjadi sangat tipis, fleksibel dan dapat dilipat.

Charlie Hu mengatakan kecerahan pada OLED bisa menentukan sebanyak apa dark mode bisa menghemat masa baterai. Software yang dikembangkan tim peneliti berdasarkan teknologi pemodelan daya baru yang bisa memperkirakan secara akurat penggunaan daya pada layar OLED.

Beberapa orang menggunakan pengaturan default kecerahan otomatis yang rata-rata tingkat kecerahannya sekitar 30%-40% pada sebagian besar waktu di dalam ruangan. Tim peneliti menemukan kecerahan diantara 30%-50% dengan peralihan dari mode terang ke gelap hanya menghemat daya 3%-9% saja pada sejumlah smartphone OLED.

Terdapat dua skenario untuk membuat penggunaan mode gelap memiliki dampak berarti pada smartphone.

Skenario 1: Gunakan di Hari yang Cerah

Menurut tim peneliti Purdue, mengalihkan layar ke mode gelap pada kecerahan 100% menghemat daya baterai rata-rata 39%-47%. Dengan mengaktifkan mode gelap saat layar terang membuat baterai ponsel menjadi tahan lama dibandingkan menggunakan mode terang.

Pada pengujian lain yang dilakukan industri belum menganalisa banyak aplikasi atau ponsel seperti yang dilakukan tim Purdue ini. Yakni menentukan efek mode gelap pada masa pakai baterai dan mereka menggunakan metode kurang akurat.

"Tes yang dilakukan di masa lalu membandingkan efek mode terang dan mode gelap pada masa pakai baterai memperlakukan telepon seperti kotak hitam, menggabungkan tampilan OLED dengan komponen telepon lain," kata Pranab Dash, siswa yang bekerja dengan Charlie Hu dalam penelitian ini.

Menurutnya alat yang dikembangkan pihaknya bisa akurat untuk memgisolasi bagian yang menguras daya baterai dengan layar OLED.

Skenario 2: Menggunakan Dark Mode untuk Membuat Mata Lebih Nyaman Tanpa Buat Baterai Boros

Biasanya meningkatkan kecerahan ponsel akan menguras baterai lebih cepat, baik saat menggunakan mode terang atau mode gelap.

Namun Dash mengumpulkan data tingkat kecerahan yang lebih rendah pada mode terang menguras daya yang sama saat level kecerahan tinggi di mode gelap.

Contohnya saat menggunakan Google News dalam mode terang dengan kecerahan 20% di Pixel 5 menarik jumlah daya yang sama saat ponsel dalam keadaan dark mode dengan kecerahan 50%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Biang Kerok Baterai HP Cepat Habis & Cara Perbaikinya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading