Ini Trik Membaca WhatsApp Tanpa Ketahuan Online

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 August 2021 08:50
WhatsApp

Jakarta, CNBC Indonesia - Dengan hadirnya WhatsApp, memang kita dimudahkan untuk bertukar pesan secara cepat. Namun ternyata banyak kendala untuk membuat kita tidak bisa membalas chat orang lain sesegera mungkin.

Sayangnya, hal ini bisa jadi salah paham apabila pengirim pesan tahu kita sedang 'online' atau bahkan sudah membaca chat namun tak segera membalasnya. Terlebih terdapat tanda centang biru yang berarti penerima pesan sudah membaca pesan yang dikirimkan.

Namun ada beberapa trik untuk bisa membaca pesan tanpa harus ketahuan. Misalnya dengan mematikan tanda centang biru dengan cara ke menu account > privacy > matikan tanda baca atau read receipts.


Sebagai catatan, cara ini bersifat dua arah. Jadi jika kamu mematikan tanda baca berarti juga tidak bisa melihat tanda baca saat mengirimkan pesan pada orang lain.

Sementara cara lainnya adalah mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode di ponsel sebelum membuka chat. Trik ini membuat pengirim pesan tidak tahu apakah chat telah dibaca atau belum.

India Today menuliskan dengan menggunakan cara ini pesan akan ditandai belum terbaca. Bahkan saat mode pesawat sudah dimatikan, dikutip Selasa (10/8/2021).

Selain itu, last seen WhatsApp juga bisa dinonaktifkan agar pengirim tak tahu chat telah dibuka. Caranya dengan masuk ke menu Settings > Account > Privacy, dan matikan last seen pada kontak atau tidak sama sekali.

Cara lainnya dengan menandai pesan 'belum dibaca' atau 'unread'. Dengan begitu kamu akan ingat membacanya dan membalasnya nanti, trik ini bisa dilakukan dengan menekan dan tahan pesan selanjutnya pilih Mark as unread.

Perlu diingat, trik ini tidak akan menyembunyikan fakta jika pesan telah dibaca jadi pengirim pesan tahu chat telah dibaca. Namun cara tersebut untuk mengingatkan penerima pesan, jika chat belum dibaca sepenuhnya dan akan ada tanda titik biru atau hijau.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading