Pembuat Video Gratis yang Mudah Sekali Digunakan

Tech - Chandra G, CNBC Indonesia
05 August 2021 19:59
Infografis, Sosial Media Terpopuler 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Anda ingin menguasai seni membuat video dan mengkomersialkannya, atau hanya sekadar membuat kompilasi video untuk keluarga, teman, dan media sosial, editor video adalah pilihan terbaik untuk mulai melatih keterampilan Anda.

Banyak orang percaya bahwa pengeditan video harus dilakukan dengan peralatan yang rumit dan ilmu yang mendalam tentang teknologi. Sering kali hal ini membuat mereka merasa ciut untuk mencoba. Artikel ini hadir untuk memberi tahu Anda bahwa itu semua adalah mitos!

Dengan berbekal pengetahuan yang luas, berbagai jenis aplikasi, dan tutorial yang tersebar di internet, pengeditan video kini menjadi hal yang mudah!


Kali ini kami telah merangkum daftar pengeditan video gratis atau dengan uji coba gratis. Dengan begitu, Anda dapat menjajal berbagai opsi tanpa khawatir akan risiko finansial atau teknologi.

Berikut adalah 8 pembuat dan pengeditan video teratas kami yang ramah di kantong dan menambah keterampilan Anda:

1. Adobe Premiere Pro
2. Blender
3. InVideo
4. Lightworks
5. ShotCut
6. DaVinci Resolve
7. OpenShot
8. Machete Lite

Adobe Premiere Pro - Uji Coba Gratis

Adobe Premiere Pro adalah aplikasi yang telah mendapat pengakuan dari kritikus dan banyak digunakan oleh pemula dan profesional. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan memiliki fitur yang beragam seperti grading warna, tekstur, animasi, teks 3D, dan berbagai tutorial yang tersedia secara online. Namun untuk mengakses aplikasi, pengguna harus membayar biaya yang tidak sedikit setelah masa uji coba gratis habis. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda yang pemula dan ingin menggunakan aplikasi untuk jangka panjang.

Blender - Gratis

Blender, seperti ShotCut, adalah aplikasi sumber terbuka (open-source) yang menawarkan seluruh fiturnya tanpa biaya. Meskipun serbaguna dan menawarkan fitur canggih seperti chroma vectorscope, luma waveform, dan tampilan histogram, aplikasi Blender cenderung sulit untuk dipelajari jika Anda belum berpengalaman dengan fitur animasi 3D-nya.

InVideo - Tersedia Versi Gratis dan Versi Premium

InVideo adalah editor video yang mudah digunakan, super cepat, dan anti ribet yang dapat membantu Anda membuat video ciamik dalam waktu singkat!

Sistem pembuat video berbasis cloud ini dapat membantu Anda membuat video dalam hitungan detik dengan 2500+ templat bawaan profesional. Karena ia berbasis cloud, Anda dapat mengerjakan proyek dari perangkat pendukung apa pun, di mana pun, hanya dengan menggunakan satu akun InVideo.

Editing online ini menawarkan paket gratis dan paket premium. Keduanya memberi Anda akses ke fitur dan aplikasi yang sama hebatnya. Satu-satunya perbedaan antara dua opsi paket ini adalah batasan jumlah video yang dapat diekspor oleh pengguna. Opsi gratis mengizinkan Anda mengekspor 60 video per bulan dengan tanda air (watermark) InVideo pada video. Sedangkan untuk opsi berbayar terbilang ramah di kantong, sekitar Rp 150 ribu per bulan!

Dengan aplikasi pengeditan video ini, Anda dapat menggabungkan teks dan efek khusus yang menarik, transisi yang mulus, dan tampilan visual pengguna yang sederhana. Tak hanya itu, Anda juga mendapatkan akses Intelligent Video Assistant dengan merek dagang khusus, ratusan tutorial bermanfaat, dan layanan konsumen 24/7 yang siap membantu mengasah keterampilan Anda.

Lightworks - Gratis

Lightworks adalah aplikasi yang dapat dioperasikan di Windows, macOS, dan Linux. Ia dapat terlihat rumit di awal jika Anda belum menguasai alat dan fiturnya. Dengan mengerahkan sedikit usaha, Lightworks adalah pilihan sempurna untuk para editor video dari berbagai tingkat keahlian.

Untuk mengakses aplikasi gratis ini, Anda hanya perlu mendaftar di situs webnya setelah lisensi uji coba gratis 7 hari habis. Namun setelah lisensi berakhir, Anda hanya dapat mengekspor video dalam kualitas 720p.

ShotCut - Gratis

ShotCut adalah aplikasi lainnya yang dapat digunakan di Windows, Mac, dan Linux. Anda dapat mengakses semua fitur premiumnya tanpa paket berbayar. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Selain itu, ia juga memiliki bermacam-macam alat unik seperti pengeditan timeline, multi-track, dan mendukung rersolusi 4K. Sayangnya, tampilan visual penggunanya terbilang rumit untuk pemula.

DaVinci Resolve - Free

DaVinci Resolve menjadi aplikasi andalan para editor video di seluruh dunia. Aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik bagi Anda yang sudah berpengalaman karena berbagai fiturnya yang sering digunakan oleh profesional. Namun, pengguna pemula yang mencari fitur sederhana mungkin tidak akan cocok dengan aplikasi ini. Fitur canggih seperti koreksi warna, pengeditan multicam, dan timeline ganda dapat dirasa terlalu ruwet bagi Anda yang baru belajar mengedit video, sekalipun dibantu dengan tutorial.

OpenShot - Free

OpenShot juga merupakan aplikasi gratis dan sumber terbuka. Ia memiliki tampilan visual yang sederhana, dilengkapi dengan berbagai alat dan fitur seperti snapping, penskalaan, pengubahan ukuran, dll. Meskipun mudah digunakan, tutorial yang dapat mendukung penggunaan aplikasi ini masih sangat sedikit di internet. Bagi Anda yang baru belajar dapat kerepotan menggunakannya.

Machete Lite - Versi Gratis

Machete Lite adalah aplikasi sempurna untuk pengeditan video yang mendesak, serba cepat, dan melakukan tugas sederhana seperti memotong dan menyatukan video. Meskipun mudah dipahami oleh pemula, aplikasi ini hanya beroperasi pada Windows dan memiliki batasan pada jumlah jenis file yang kompatibel dengannya. Ini membuatnya kurang praktis bagi Anda yang ingin memperluas pengetahuan tentang pengeditan video.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang menawarkan uji coba gratis. Deretan aplikasi ini sangat praktis bagi Anda yang ingin bereksperimen dengan berbagai fitur sebelum Anda menemukan aplikasi yang cocok. Dengan uji coba gratis, Anda dapat menjajal beragam aplikasi sampai akhirnya menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kami sarankan agar Anda tetap waspada terhadap aplikasi yang meminta rincian kartu kredit atau bank sebelum menawarkan uji coba gratis. Aplikasi tersebut akan secara otomatis membebankan biaya pada Anda setelah masa uji coba berakhir. Jika Anda pemula, akan lebih baik untuk memilih aplikasi dan tutorial gratis. Layanan gratis dapat membantu Anda untuk belajar secara fleksibel tanpa membebankan biaya yang besar. Pilihlah aplikasi yang menawarkan fitur canggih dan masa uji coba gratis yang lebih lama, dengan perbedaan yang tak terlalu jauh antara paket berbayar dan yang gratis.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas Rampok Ngumpet Lewat Apps Android Ini, Hapus Segera!


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading