Simak Jadwal Lengkap Dimatikannya TV Analog di Indonesia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 July 2021 07:25
Ilustrasi menonton tv (Cottonbro via Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia sudah mulai menggelar migrasi siaran tv analog ke digital atau program Analog Switch Off (ASO). Rencananya program ini akan selesai pada 2 November 2022 mendatang.

Program migrasi siaran tv analog ke digital ini bukan berarti masyarakat Indonesia harus mengganti tv lama dengan tv baru. Masyarakat yang memiliki tv lama dapat menikmati siaran tv digital dengan menambahkan set top box tv digital. Di beberapa e-commerce harga set top box dijual mulai Rp 200.000 per unit.

Adapun bagi masyarakat miskin, pemerintah akan membagikan set top box gratis. Sejauh ini terdapat 44,6 juta pesawat TV analog di tanah air.


Migrasi tv analog ke digital juga bukan berarti masyarakat harus berlangganan atau berbayar untuk menonton siaran televisi. Masyarakat tetap gratis untuk menyaksikan siaran di RCTI, TVRI, Trans TV, Trans 7, Metro TV, RCTI, Global TV, SCTV, hingga Indosiar.

ASO memiliki sejumlah keuntungan untuk masyarakat ke depan. Misalnya, membuat masyarakat menerima siaran TV lebih bersih dan berkualitas lagi.

"Tentunya pertama masyarakat akan bisa menikmati siaran yang lebih bersih, canggih dan juga lebih berkualitas," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ahmad Ramli, dalam Webinar Sosialisasi TV Digital 2021, dikutip Selasa (27/7/2021).

Selain itu, ASO juga memberikan keuntungan dari segi internet. Yakni setelah migrasi dilakukan, Indonesia bisa merasakan internet cepat serta pemerataan. Oleh sebab itu dalam program ini pemerintah melakukan dua hal, yakni migrasi analog ke digital secara pararel begitu juga pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Menurut Ramli, yang menjadi hambatan Indonesia belum merasakan internet cepat salah satunya adalah ketidakadaan frekuensi. Ini karena frekuensi yang digunakan sekarang untuk tv analog sangat boros.

Namun saat migrasi ke siaran digital dilakukan, maka akan menghemat sejumlah frekuensi atau digital dividen.

"Karena frekuensinya dipakai dengan sangat boros oleh penyiaran analog, sehingga kalau penyiaran analog beralih ke digital akan dihemat sejumlah frekuensi yang kita namakan digital dividen. Dan itu bisa digunakan untuk kepentingan internet," jelas Ramli.

Untuk mendapatkan siaran tv digital, hanya dibutuhkan set top box. Pemerintah juga berencana membagikan set top box secara gratis pada masyarakat miskin, agar mereka bisa menikmati siaran tv digital tanpa harus membeli perangkat tv baru.

Sebagai informasi, ASO akan dilakukan bertahap dengan direncanakan rampung pada November 2022 mendatang. Rencananya akan dilakukan lima tahap dan tahap pertama dilakukan paling lambat pada 17 Agustus 2021.

Halaman Berikutnya jadwal TV Analog Dimatikan >>>>

Jadwal TV Analog Dimatikan Tahap 1 hingga 3
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading