Amazon Minta Apple Hapus Aplikasi Ini, Beri Informasi Sesat

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
18 July 2021 11:40
Amazon

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple memutuskan untuk menghapus aplikasi ulasan produk Fakespot dari App Store setelah Amazon mengeluhkan aplikasi tersebut memberikan informasi yang menyesatkan dan potensi risiko keamanan.

Mengutip CNBC International, pada Jumat sore, setelah ulasan dari Apple, aplikasi itu tidak lagi tersedia di App Store dengan alasan pelanggaran pedoman. Seorang juru bicara Apple tidak segera menanggapi pertanyaan tentang pedoman App Store mana yang dilanggar oleh Fakespot.

Amazon menyebut bahwa aplikasi ini membawa kekhawatiran bahwa ulasan yang tersebar merupakan informasi yang palsu, membingungkan, dan menyesatkan.


"Aplikasi yang dimaksud memberi pelanggan informasi yang menyesatkan tentang penjual kami dan produk mereka, merugikan bisnis penjual kami, dan menciptakan potensi risiko keamanan," ujar salah satu juru bicara Amazon.

Di sisi lain, pendiri dan CEO Fakespot Saoud Khalifah merespon penghapusan ini. Ia membantah klaim Amazon bahwa aplikasi tersebut menghadirkan risiko keamanan.

"Kami tidak mencuri informasi pengguna, kami tidak pernah melakukan itu. Mereka tidak menunjukkan bukti dan Apple bertindak tanpa bukti," kata Khalifah.

Khalifah menambahkan bahwa ia kecewa karena Apple tidak memberikan peringatan yang memadai kepada Fakespot bahwa aplikasi tersebut akan dihapus dari App Store, atau kemampuan untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi tersebut.

"Bayangkan pergi ke penyewa dan mengatakan Anda harus mengambil semua barang Anda, Anda harus pergi sekarang. Itulah yang saya rasakan saat ini, jujur dengan Anda, "tambahnya.

Aplikasi Fakespot sendiri bekerja dengan menganalisis kredibilitas ulasan daftar Amazon dan memberinya nilai A hingga F. Aplikasi ini kemudian memberikan rekomendasi kepada pembeli untuk produk dengan kepuasan pelanggan yang tinggi.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading