Induk Shopee Sumbang RI 1.000 Tabung Oksigen & 1 Juta Vaksin

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
12 July 2021 11:10
Shopee Sumbang 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin

Jakarta, CNBC Indonesia - Sea Group, yang merupakan induk Shopee dan Garena, menyerahkan bantuan berupa 1.000 tabung oksigen medis dan 1 juta vaksin kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan.

Seremonial penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh Co-Founder Sea Group, Perusahaan Induk Shopee, Ye Gang serta Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi sadikin.

Ye Gang mengatakan, saat ini banyak orang yang terpapar dan kehilangan anggota keluarganya. Untuk itulah, perlunya berjuang bersama memerangi virus ini.


"Untuk itulah Sea dan shopee mendonasikan 1.000 untuk membantu Indonesia. Shopee juga menyediakan 1 juta vaksin," katanya di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunasi Sadikin mengucapkan terima kasihnya atas bantuan ini. Menurut dia, ini adalah contoh nyata bagaimana manusia bekerjasama.

"Untuk shopee, saya ucapkan banyak terima kasih atas donasinya, Saya melihat ini adalah contoh, bagaimana manusia bekerjasama," tuturnya.

Adapun oksigen tersebut akan diprioritaskan di 7 provinsi di Jawa-Bali. Namun, jika ingin lokasi lebih spesifik, BGS mengatakan ada dua lokasi yang benar-benar membutuhkan.

"Kalau mau lebih tajam dikirim ke DIY dan Jawa Tengah. Karena pabrik oksigen besar-besar di Pulau Jawa adanya di Jawa Barat dan Jawa Timur. Sehingga Jawa Tengah mengalami kesulitan distribusi. Makin banyak di Jateng dan DIY, mengurangi beban transportasi logistik," ujarnya lagi.

BGS menambahkan, saat ini kebutuhan oksigen di Indonesia lebih dari 1.000 ton per hari. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 2.000 ton per hari, di atas kapasitas produksi nasional yang per harinya adalah 1.700 ton.

"Total produksi 1.700 ton per day, 25% sekitar 450 ton per day itu didedikasikan untuk RS oksigen. Sisanya industrial oksigen. Sekarang kebutuhan naik 450 ton, lebih dari 1.000 ton per day," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading