Waspada! Data & Uang Bisa Dirampok 8 Aplikasi Android Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 July 2021 08:35
Infografis: Ayo Delete Sekarang! Aplikasi Ini Bawa Masalah Buat HP Kamu

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah aplikasi di Android ternyata menyimpan malware jahat. Jika kamu memiliki salah satu diantaranya hati-hati bisa jadi korban pencurian data dan uang.

Terdapat delapan aplikasi yang ditemukan bermasalah dan ternyata disusupi malware Joker. Aplikasi yang masuk daftar merupakan aplikasi populer karena memiliki fungsi seperti scanner, wallpaper dan messaging.


Kedelapan aplikasi itu yang disusupi malware Joker adalah:

1. Auxiliary Message

2.Fast Magic SMS

3.Free CamScanner

4.Super Message

5.Element Scanner

6.Go Messages

7.Travel Wallpapers

8.Super SMS

Temuan ini berasal dari Quick Heal Security Labs. Sebagai informasi, malware Joker mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat.

Joker juga mampu berinteraksi dengan situs iklan secara diam-diam. Selain informasi, mereka yang menjadi korban juga bisa kehilangan uang yakni dengan mendaftarkan korban ke situs berlangganan tanpa diketahui para korban.

Quick Heal menyebutkan aplikasi akan meminta akses notifikasi saat dibuka pertama kali. Aplikasi juga mengambil data SMS dari notifikasi dan meminta akses kontak.

Setelah mendapatkan izin, aplikasi mengatur izin lain membuat panggilan telepon. Lalu aplikasi memonitor seluruh data yang berhasil didapatkan.

Dikabarkan jika Kedelapan aplikasi sudah dilaporkan ke pihak Google. Serta seluruh aplikasi bermasalah telah dihapus dari Google Play Store.

Namun mengingat ada juga yang sudah mendownload aplikasi tersebut, mereka diminta untuk segera menghapus aplikasi dari perangkat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hapus Aplikasi Ini, Data Kamu Bisa 'Dirampok'


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading