Cerita Alien yang 'Pantau' Bumi dari Planet Lain, Kok Ngeri?

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
29 June 2021 07:20
Pada 1 Desember 2011, para anggota komunitas alien dihebohkan dengan penampakan foto diduga pesawat UFO dekat permukaan planet Merkurius. Foto ini dijepret oleh teleskop NASA, Heliosphereic Imager-1, dalam misi SECCHI.

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah laporan penelitian mengejutkan datang dari dua astronom asal Amerika Serikat (AS). Laporan mereka menyebut bahwa makhluk luar angkasa atau alien berpotensi melihat kehidupan manusia di Bumi dari 29 planet yang ada di tata surya.

Laporan tersebut diterbitkan dua astronom berbasis di New York, pada akhir pekan lalu.

Mengutip Global News, Senin (28/06/2021), mereka menyebut bahwa hal ini diperoleh dengan melihat bayangan samar saat planet-planet itu transit di depan matahari. Teknik ini juga diketahui digunakan manusia untuk mencari tahu kehidupan lain di luar angkasa.


"Salah satu cara kita menemukan planet adalah jika mereka menghalangi sebagian cahaya dari bintang induknya," sebut Direktur Institut Carl Sagan Universitas Cornell Lisa Kaltenegger.

"Kami bertanya, 'Untuk siapa kita menjadi alien, jika orang lain mencari?'. Nah ada sepotong kecil di langit di mana sistem bintang lain memiliki kursi depan kosmik untuk menemukan Bumi sebagai planet transit."

Awalnya, para astronom mengidentifikasi 1.715 tata surya yang dapat melihat Bumi selama periode keberadaan manusia. Lalu, mereka mempersempit daftar menjadi 46 sistem bintang yang cukup dekat untuk mendengar siaran radio dan TV dari Bumi.

"Kami ingin menggunakan bintang terdekat," kata ilmuwan senior di American Museum of Natural History Jackie Faherty.

"Ketika datang untuk menjelajahi dunia, yang terdekat dengan kita akan menjadi yang paling menarik," kata Faherty kepada NPR News.

Astronom menilai alien yang tinggal di planet Ross-128 b, misalnya, mungkin sudah menemukan Bumi. Sementara penghuni Bintang B dan C Teegarden akan mendapat kesempatan untuk melihat Bumi dalam waktu sekitar 29 tahun mendatang.

Sebelumnya, beberapa pemikir termasuk mendiang fisikawan teoretis dan kosmolog Stephen Hawking, telah memperingatkan agar manusia tidak mencoba berkontak dengan kehidupan luar angkasa karena mungkin alien tak akan senang mendengar kabar dari manusia.

Bahkan, sebagian menyatakan bahwa mungkin ada banyak ras alien di luar sana di antara bintang-bintang. Namun mereka semua tetap 'diam' untuk menghindari ancaman besar bagi peradaban mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading