RI Hari Ini, Dari 3 Swab Test PCR Ditemukan 1 Positif Covid

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
17 June 2021 18:00
Warga menjalani test antigen untuk mendeteksi Covid-19 di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta, Selasa (8/6). Satu RT di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, yakni RT 11, menerapkan lockdown atau penguncian wilayah sementara usai 22 warga dinyatakan positif covid-19.kasus aktif Covid-19 di wilayah RT 11/09 tersebut berasal dari klaster keluarga, namun ada kemungkinan besar juga berasal dari klaster kerumunan mengingat di wilayah tersebut terdapat taman yang digunakan oleh para warga secara bebas dalam beraktivitas. Dalam menangani kasus aktif Covid-19 di wilayah tersebut, pihaknya tak hanya menerapkan mikro-lockdown. Namun juga turut mendistribusikan bantuan-bantuan terhadap warga yang terdampak agar dapat melewati masa pandemi Covid-19. Puluhan warga yang positif itu kini menjalani isolasi di berbagai tempat. Bagi yang bergejala, dibawa ke rumah sakit, sisanya menjalani isolasi di Wisma Atlet dan rumah masing-masing.a (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia- Kasus Covid-19 di Indonesia benar-benar meledak dengan pertambahan 12.624 kasus dalam sehari, pada Kamis (17/6/2021). Ini merupakan kasus harian tertinggi sejak 31 Januari 2021.

Berdasarkan data Kementerian kesehatan, kasus baru tersebut ditemukan dari 79.322 orang yang selesai menjalani pemeriksaan Covid-19 pada hari ini. Data ini mencerminkan dari setiap 6-7 tes dilakukan ditemukan 1 kasus positif.

Uniknya, sebagian besar kasus ditemukan di metode real time PCR atau dikenal sebagai swab test. Ada 32.504 orang yang selesai menjalani swab test hari ini dan ditemukan 12.098 orang positif.


Artinya dari 3 tes swab test yang dilakukan ditemukan 1 kasus positif pada hari ini.

Sementara itu sebagian kecil kasus positif ditemukan melalui metode TCM dan rapid test antigen, yakni masing-masing 164 kasus dan 362 kasus.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading