Bos Xiaomi Kunjungi Great Wall Motor, Buat Mobil Listrik?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 June 2021 16:30
People walk past a Xiaomi store in Shenyang, Liaoning province, China June 12, 2018. Picture taken June 12, 2018. REUTERS/Stringer  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.

Jakarta, CNBC Indonesia - Xiaomi terlihat semakin serius soal masuk ke industri mobil. Baru-baru ini, CEO dan Pendiri Xiaomi, Lei Jun mengunjungi Pusat Penelitian dan Pengembangan di Great Wall Motor di China.

Bos Xiaomi datang ke Great Wall Motor pada 8 Juni lalu. Kabar kunjungan itu muncul setelah perusahaan dikabarkan bekerja sama dengan Great Wall Motor untuk proyek mobilnya, dikutip dari Uber Gizmo, Jumat (11/6/2021).

Namun Xiaomi dan Great Wall Motors tidak mengungkap alasan Lei Jun berkunjung ke R&D pembuat mobil itu.


Xiaomi sebelumnya membantah mengenai kabar adanya proyek mobil. Namun tak lama perusahaan itu mengumumkan rencana 10 tahun untuk memasukkan investasi pada industri mobil US$10 miliar.

Selain itu, sebuah laporan menyebutkan Xiaomi telah bernegosiasi dengan Great Motor Wall. Tujuannya untuk menggunakan pabrik pembuat mobil untuk membangun mobil listrik pintar sendiri.

Namun akhirnya laporan itu dibantah. Sementara di sisi lain, Xiaomi juga membantah telah berbicara dengan sejumlah produsen mobil asal China lain.

Namun dengan kunjungan Lei Jun ke pusat R&D di China nampaknya jadi pertanda negosiasi atau diskusi masih berlangsung.

Sejumlah produsen ponsel memang dikabarkan tertarik masuk ke industri mobil. Selain Xiaomi, Apple juga dikabarkan juga tengah menggarap Apple Car.

Kabar terbaru, Apple telah merekrut Ulrich Kanz. Dia adalah mantan eksekutif senior di pabrikan mobil BMW dan berfokus pada mobil listrik.

Apple mengonfirmasi Ulrich Kanz berkantor di Cupertino AS. Namun pembuat iPhone tidak menjelaskan proyek yang dikerjakan Ulrich apakah proyek Apple Car.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading