Google Photos Tak Lagi Gratis Mulai Besok, Segera Lakukan Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 May 2021 13:45
Google Photos (Google)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai besok (1/6/2021), Photo dan video yang tersimpan di Google Photos yang melampaui kapasitas yang diberikan akan dikenakan biaya tambahan.

Kebijakan ini diumumkan pada November 2021. Google akan menyediakan ruang penyimpanan Google Photos maksimal 15 GB. Mereka yang melebihi kapasitas setelah aturan ini berlaku harus membayar US$1,99 per bulan jika tak ingin foto dan video tak tersimpan di Google Photos.

Penggunaan kapasitas tambahan ini akan dihitung setelah 1 Juni 2021. Adapun foto yang disimpan dalam Google Photos bila melebihi kapasitas tidak akan dihitung.


Vice President Google Photos Shimrit Ben-Yair mengatakan keputusan ini untuk memberikan layanan produk yang terbaik dan juga keberlangsungan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Pembatasan ruang penyimpanan maksimal 15GB untuk foto dan video yang diupload yang disimpan setelah 1 Juni 2021, foto dan video yang disimpan sebelum periode itu tidak akan dihitung," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (31/5/2021).

Google Photos diluncurkan pada Mei 2015. Arti setelah 6 tahun memberikan layanan gratis akhirnya layanan ini melakukan monetisasi bisnis. Google mencatat ada lebih dari 4 triliun foto yang tersimpan di Google Photos dan ada 28 miliar foto baru dan video yang diupload setiap minggunya.

Google menghitung 80% pengguna harus membeli tambahan ruang penyimpanan dalam tiga tahun karena batas gratis ruang penyimpanan gratis 15GB bakal penuh.

Nah, sebelum aturan ini berlaku ada baiknya kamu mengecek kesediaan kapasitas penyimpananmu di situs photos.google.com/storage. Bila perlu hapus file atau foto yang tak terlalu penting. Opsi lainnya menggunakan aplikasi penyimpanan lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dituding Memonopoli Iklan, Google Didenda Rp 3,86 Triliun


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading