Telkomsel Rilis 5G, Bagaimana Nasib Jaringan 2G, 3G, dan 4G?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 May 2021 20:45
FILE PHOTO: A 5G sign is seen during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 28, 2018. REUTERS/Yves Herman/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel akhirnya secara resmi meluncurkan jaringan 5G. Lalu bagaimana nasib generasi sebelumnya?

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan jika masyarakat masih memiliki kebutuhan untuk 2G dan 3G maka akan dijaga.

"Meskipun kami harus mengedukasi pasar untuk bisa menggunakan teknologi yang lebih baik dan efisien," kata Setyanto di Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/5/2021).


Sementara itu untuk 4G, dia menjanjikan masih akan berinvestasi di sana. Walaupun sekarang Telkomsel sudah berinvestasi di generasi ke-5.

"Dengan berinvestasi ke 5G bukan berarti investasi 4G berhenti," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan operator seluler yang ingin gelar 5G harus melakukan pengujian lebih dulu. Dia mengharapkan operator seluler lain bisa memulai layaknya yang dilakukan Telkomsel.

"Saya harapkan opselĀ (operator seluler) yang lain bisa memulai, sampai saat Ini baru yang menunjukkan minat sungguh-sungguh Telkomsel," kata Johnny.

Secara resmi Telkomsel menggelar 5G di wilayah terbatas dulu. Untuk Jabodetabek ada Alam Sutera, BSD, Kelapa Gading, PIK, Pondok Indah, dan Widya CHandra.

Sementara itu di kota lain akan hadir untuk kota Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading