Prakerja Gelombang 17 Dibuka, Daftarnya di Prakerja.go.id

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 May 2021 09:43
Infografis, Ayo Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 16 Resmi Dibuka

Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Cipta Kerja sudah memastikan Prakerja gelombang 17 akan dibuka. Namun ini bukan gelombang pendaftaran tambahan tetapi untuk memenuhi kuota yang telah ditetapkan.

Kuota peserta Prakerja gelombang 17 berasal dari peserta Prakerja gelombang 12 hingga gelombang 16 yang dicabut kepesertaannya karena tidak membeli paket pelatihan pertama 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pendaftaran gelombang ke - 17 akan dibuka setelah menghitung jumlah pendaftar di gelombang sebelumnya.

Dia memastikan pendaftaran akan dibuka pada kuartal II tahun ini antara Mei dan Juni. Sebab, anggaran sebesar Rp 10 triliun dari Rp 20 trilun yang disediakan pemerintah harus direalisasikan.


Kartu PrakerjaFoto: Situs Prakerja.go.id untuk mendaftar program Prakerja (Ist)

Menurutnya, untuk tahap ini pihaknya memperkirakan kuota peserta sekitar 44.000 orang. Jumlah ini berasal dari peserta Prakerja gelombang 12-16 yang dicabut kepesertaan.

Jika ada tambahan kuota maka pihaknya akan menunggu arahan dari pemerintah. Sebab penambahan kuota artinya ada penambahan anggaran untuk pelaksanaan.

"Kami hanya menunggu keputusan dari pemerintah. Kalau pemerintah mengatakan perlu ditambah lagi anggaran untuk membantu masyarakat lebih banyak, kami siap," ujarnya dalam webinar pemaparan hasil survei persepsi penerima Kartu Prakerja yang dikutip, Kamis (27/5/2021).

Bagi kalian yang ingin mengikuti program ini ada baiknya segera mendaftarkan diri di prakerja.go.id tak perlu menunggu pengumuman pembukaan pendaftaran. Sebab pembuatan akun untuk ikut program ini telah dibuka.

Sebagai informasi, bagi warga yang mengikuti program Kartu Prakerja maka setiap peserta mendapat total dana Rp 3,55 juta. Rincianya Rp 1 juta untuk pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif atau Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama empat bulan, juga insentif kebekerjaaan sebesar Rp 150 ribu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading