Luhut Gaungkan Work From Bali, Ternyata Ini Toh Alasannya

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 May 2021 16:10
festival ogoh ogoh ancol (Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mendorong Aparatur Sipil Negara di 7 Kementerian untuk bekerja dari bali atau Work From Bali. Tujuannya untuk mendorong perekonomian Bali yang masih minus.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M. Manuhutu menjelaskan program ini sudah dibahas dari beberapa bulan lalu. Salah Satu tujuannya mengembalikan perekonomian bali.

"Kontraksi ekonomi Bali mencapai - 9,36% di Q1, dimana tingkat kunjungan Bali minim, tingkat okupansi hotel hanya 10%, hotel banyak tidak cukup bayar gaji karyawan, maintenance juga tidak cukup," jelasnya dalam Konferensi Pers Virtual, Sabtu (22/5/2021).


Dari hitunganya, paling tidak tingkat keterisian hotel 30%-40% untuk operasional hotel berjalan. Untuk pembayaran beban operasi hotel. Odo juga bercerita banyaknya karyawan pelaku industri pariwisata yang dirumahkan. Jika demand sudah tercipta maka karyawan itu bisa di rekrut kembali.

"Karena tulang punggung pariwisata adalah akomodasi, saat ini ada total 140 ribu kamar di Bali yang terisi hanya 10%," jelasnya.

Odo menjelaskan WFB adalah salah satu rencana yang akan dilakukan untuk menopang ekonomi Bali. Ada satu program lagi yang akan dibahas lintas kementerian yakni transformasi ekonomi Bali supaya tidak tergantung dari pariwisata.

"Bali ini tergantung sekali dengan pariwisata yang kontribusinya mencapai 56%, kita sedang bahas dan akan diluncurkan September ini, supaya Bali punya ekonomi yang kokoh dan terdiversifikasi dengan baik," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading