Ini Deretan Bansos dari Jokowi yang Bakal Cair di Bulan Mei

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 May 2021 15:00
Warga Desa Cihowe, Ciseeng  mengantre saat pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Indonesia, dikawasan Parung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Kementerian Sosial menekankan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi terdampak Covid-19 tak akan diperpanjang. BST terakhir disalurkan pada April 2021. Foto: BST Kemensos RI (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengumumkan, akan mempercepat pencairan berbagai bantuan sosial (bansos) pada Mei 2021. Bansos yang dicairkan berdekatan dengan penyaluran tunjangan hari raya (THR) tersebut bertujuan untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat saat Lebaran.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan, berbagai bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

"Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini [April] dan juga bulan depan [Mei], agar segera diterima oleh masyarakat," jelas Suahasil dalam konferensi pers APBN Kita beberapa waktu lalu.


Selain itu, kata Suahasil, meskipun ada larangan mudik, pemerintah juga akan mengkampanyekan saling mengirim bingkisan pada saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

"Juga yang tadi yang semacam Harbolnas, jadi kita ingin mengkampanyekan supaya meskipun tidak mudik, tapi bisa mengirimkan bingkisan," ujarnya.

Pada saat Harbolnas berlangsung, pemerintah akan bekerja sama dengan berbagai platform e-commerce untuk bisa mengirimkan kiriman atau bingkisan sehingga bisa sampai sebelum hari lebaran.

Bansos yang Bakal Cair Mei 2021
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading