Facebook Bongkar Cara Hasilkan Uang dari WhatsApp

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 April 2021 15:53
FILE PHOTO: A man poses with a smartphone in front of displayed Whatsapp logo in this illustration September 14, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak mengakuisisi WhatsApp senilai US$19 miliar, Facebook mendapatkan uang yang besar dari aplikasi bertukar pesan. Namun pertanyaan ini mulai terjawab.

Caranya melalui WhatsApp Business. Aplikasi ini akan digunakan untuk mendorong iklan digital melalui platform Facebook dan Instagram. WhatsApp Business merupakan aplikasi berkomunikasi dengan pelanggan dan bertransaksi.

Kebetulan sejak 2017, pengguna WhatsApp Business sudah bisa memasang iklan di Facebook dan Instagram dan pelanggan bisa langsung berkomunikasi di WhatsApp.


CEO Facebook Mark Zuckerberg mengaakan ada 1 juta bisnis yang menggunakan "klik ke WhatsApp" ini. Perusahaan juga akan meluncurkan fitur baru agar akun bisnis bisa langsung membuat iklan dari WhatsApp Business yang membuat proses pembelian iklan lebih lancar, seperti dikutip dari CNNInternational, Jumat (30/4/2021).

Fitur WhatsApp baru ini akan memanfaatkan WhatsApp Business "katalog". Ini adalah etalase atau menu virtual di profil bisnis tempat pelanggan bisa melihat penawaran. Pengguna WhatsApp Business kini sudah bisa memilih item dari katalog mereka dan secara cepat menggubahnya menjadi iklan Facebook atau Instagram.

Sebelumnya pemilik usaha harus membuka Facebook atau Instagram untuk memulai proses pembelian iklan.

"Bagi banyak orang, dagang online bukan hanya tentang situs web dan toko, tetapi lebih tentang perpesanan," ujar Mark Zuckerberg. "Langkah selanjutnya adalah mempermudah bisnis untuk mengadopsi semua layanan ini dan memberi mereka alat yang dapat menangani pesan dan hubungan pelanggan."

Rencana baru ini menjadi tanda Facebook tidak akan mengizinkan iklan langsung di WhatsApp. Sebaliknya potensi pendapatan aplikasi di masa mendatang kemungkinan besar berasal dari penawaran seperti pembayaran dan dagang online.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading