Ssstt! Ini 5 Rahasia Fitur WhatsApp yang Belum Kamu Tahu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 April 2021 09:47
cover topik/WhatsApp Dibajak & Kritik Pedas Bos Telegram/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp, salah satu platform pertukaran pesan populer dunia, memiliki sejumlah fitur yang terkadang belum diketahui penggunanya. Padahal fitur-fitur tersebut ada yang bisa berguna bagi kehidupan keseharian mereka.

Misalnya, pesan penting dapat ditemukan dengan mudah dalam fitur Starred Messages. Ini dapat menghindari kamu repot mencari-cari pesan yang diinginkan dalam tumpukan banyak chat personal serta grup WhatsApp.

Selain itu pengguna dapat memilih notifikasi tiap kontak berbeda. Jadi kamu bisa mengetahui dengan cepat siapa yang menghubungi lewat WhatsApp.


Setidaknya ada lima fitur rahasia yang perlu kamu ketahui. Seluruhnya sudah dapat ditemukan baik untuk pengguna ponsel Android dan iPhone.

Berikut seluruh fitur tersebut, dikutip dari detikinet.com, Sabtu (10/4/2021).

1. Dissapearing Messages

Bagi kamu yang punya pesan rahasia dan ingin menghilangkannya dalam jangka waktu tertentu, fitur ini sangat cocok untukmu. Pesan akan menghilang dari ruang chat setelah tujuh hari dikirimkan.

Untuk mengaktifkannya sentuh kotak atau nama obrolan di bagian atas layar. Lalu klik opsi Dissapearing Messages dan pilih 'on'.

Hanya pesan dan konten dalam ruangan chat yang akan menghilang jika kamu mengaktifkan fitur. Sebaliknya gambar yang terkirim atau terima akan tersimpan di ponsel pengirim dan penerima secara otomatis.

2. Custom Notifikasi

Kamu bisa memilih suara notifikasi setiap kontak WhatsApp. Bagi pengguna Android, caranya klik ikon Menu lalu pilih View Contak lanjut ke Custom Notification. Setelahnya centang bagian kotak dan selesaikan pengaturan.

Sementara untuk pengguna iPhone dapat diatur sedikit lebih sederhana. Yakni dengan klik nama kontak dan pilih Custom Tone.

3. Export Chat

Perlu menyimpan chat, WhatsApp memiliki fitur export chat baik di Android dan iPhone. Untuk Android klik tombol menu lalu pilih More dan terakhir masuk ke Export Chat. Bagi pengguna iPhone, klik nama kontak lalu scrolling layar ke bagian bawah dan temukan Contact Info. Terakhir pilihlah Eksport Chat.

4. Detail Pesan

Suka penasaran apakah pesanmu terkirim atau bahkan sudah dibaca oleh penerima pesan? Tenang, WhatsApp juga menghadirkan fitur untuk menjawab rasa penasaranmu.

Dalam WhatsApp terdapat detail info untuk tiap pesan. Bagi pengguna iPhone, bisa melihatnya dengan geser kiri pada pesan yang dikirim dan untuk Android caranya tekan pesan lalu akan muncul tombol menu dan dilanjutkan Info.

5. Starred Messages

Bagi pesan yang dianggap penting, kamu bisa menandainya agar mudah ditemukan. Caranya dengan menekan chat yang ingin ditandai lalu klik ikon bintang pada bagian atas layar.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading