Jokowi Bicara Masa Depan Ekonomi Dunia: Jarvis Iron Man!

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 April 2021 09:07
Presiden Jokowi Pastikan Tak Impor Beras Hingga Juni 2021(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara perihal masa depan perekonomian nasional yang nantinya akan bertumpu pada teknologi mutakhir.

Berbicara saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Developing Eight (D-8), Jokowi memina agar negara anggota D-8 dapat mengembangkan teknologi digital yang telah melahirkan berbagai terobosan baru.

"Digitalisasi artificial intelligence, computing power, big data, dan data analytics telah melahirkan terobosan baru. Sektor-sektor tersebut merupakan ekonomi masa depan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan pesan Jokowi dalam KTT, dikutip Jumat (9/4/2021).


Sebagai gambaran, teknologi artificial intelligence bisa dilihat dalam film Iron Man. Dalam film tersebut, teknologi yang diberi nama Jarvis itu membantu Tony Stark dalam mengerjakan segala aktivitasnya, baik di rumah maupun saat bertempur.

Negara anggota D-8 sendiri terdiri dari Bangladesh, Iran, Malaysia, Mesir, Pakistan, Turki, Nigeria, termasuk Indonesia. Negara D-8, kata dia, memiliki potensi dan keunggulan demografi yang kuat untuk menopang pengembangan teknologi.

"Penduduk muda D-8 yaitu sekitar 323 juta orang atau sekitar 27,3% ini jauh lebih tinggi dibandingkan penduduk muda negara G7 misalnya yang mencapai 135 juta orang atau sekitar 17,3% dari total populasi," katanya.

Jokowi menekankan negara-negara D-8 untuk 'berinvestasi' pada kalangan anak muda yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa.

"Oleh karena itu, Presiden menggarisbawahi agar inovasi dapat terus ditumbuhkan industri start up harus terus didorong dan keunggulan D-8 sebagai negara mayoritas muslim harus dimanfaatkan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading