Wah! Tinggal Tangsel Zona Merah Pulau Jawa, Corona Goodbye?

Tech - Muh Iqbal, CNBC Indonesia
07 April 2021 12:45
Pengunjung mengugunakan transportasi KRL di Stasiun Tujuan Bogor-Jakarta Kota, Kamis,12/3/2020. Paparan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait risiko penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19 via transportasi salah satunya KRL commuterline rute Bogor-Depok-Jakarta Kota berisiko tinggi menjadi area penyebaran virus corona terbesar. Beberapa penumpang juga menggunakan masker guna antisipasi penyebaran virus. Pantauan CNBC Indonesia Penumpang yang telah menumpuk mulai berjalan merangsek mendekati arah datangnya kereta. Jam-jam sibuk kendaraan umum dimana banyak para pekerja yang memulai aktivitasnya sehingga terlihat tidak ada tempat untuk bergerak.   (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sampai dengan pekan ini, ternyata wilayah yang masuk zona merah Covid-19 hanya tinggal 10 kabupaten/kota.

Zona merah atau wilayah dengan risiko penularan virus corona tinggi di Indonesia, khusus untuk Pulau Jawa hanya ada di Tangerang Selatan. Data itu bersumber dari catatan perkembangan terakhir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 4 April.

Sepuluh kabupaten/kota yang tercatat masuk zona merah dalam pekan ini, tiga diantaranya dari Provinsi Bali, yakni Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, dan Kabupaten Buleleng. Tiga daerah juga berasal dari Kalimantan Tengah, yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Barito Timur.

Selanjutnya Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB); Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; dan Kota Tangerang Selatan, Banten.

Lebih lanjut, penurunan jumlah zonasi terjadi di zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19. Dari pekan lalu tercatat sebanyak 301 wilayah zona oranye, sementara pekan ini tersisa 289 kabupaten/kota zona oranye.

Tercatat, lima kota administrasi di DKI Jakarta tergabung dalam zona oranye ini, mereka yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.


Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 tersisa 207 wilayah. Jumlah itu mengalami kenaikan dari pekan lalu yang hanya mencatat 201 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Sementara itu, tujuh kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau tidak ada kasus. Mereka yakni tiga daerah dari Sumatera Utara yakni kabupaten Nias Barat, Nias Selatan dan Nias Utara. Dua daerah dari Papua, yakni Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Mamberamo Raya. Sedangkan dua lainnya berasal dari Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.

Berita Selengkapnya >> Tangsel Satu-satunya Zona Merah Corona di Pulau Jawa


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading