Xioami Bersiap Bikin Mobil Listrik, Saingi Apple Car?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 March 2021 18:39
Xiaomi

Jakarta, CNBC Indonesia - Vendor smartphone China Xiaomi dikabarkan berencana membuat mobil listrik menggunakan pabrik milik perusahaan Great Wall Motor Co Ltd. Sebelumnya Apple dikabarkan mau buat Apple Car.

Laporan ini pertama kali diungkap oleh kantor berita Reuters dengan mengutip tiga orang sumber yang mengetahui rencana tersebut, seperti dihimpun CNBC Indonesia, Jumat (26/3/2021).

Dua orang sumber mengatakan Xiaomi sedang melakukan diskusi untuk menggunakan salah satu pabrik Great Wall untuk memproduksi mobil listrik dengan merek sendiri.


Kedua sumber tersebut menambahkan mobil listrik Xiaomi akan menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah sesuai dengan posisi perusahaan di pasar produk elektronik.

Sumber lainnya mengungkapkan Great Wall, yang sebelumnya belum menawarkan layanan manufaktur kepada perusahaan lain, akan memberikan konsultasi teknis untuk mempercepat proyek tersebut. Kedua perusahaan berencana untuk mengumumkan kemitraan ini secepatnya minggu depan.

Salah satu sumber mengungkapkan alasan Xiaomi masuk ke bisnis mobil listrik karena Pendiri sekaligus Chief Executive Xiaomi Lei Jun percaya keahlian perusahaan dalam membuat software akan membantu mempercepat desain dan produksi mobil listrik.

"Xiaomi ingin mencari pabrikan mobil yang mata untuk menyediakan model infrastruktur, menggunakan keuntungannya sendiri dalam teknologi internet seluler," ujar Alan Kang, Analis Senior di LMC Automotive.

"Keunggulan Xiaomi dalam sistem operasi dan perabot rumah juga membawa banyak imajinasi untuk kerja sama itu di masa depan."

Hingga berita ini dipublikasi, Xiaomi dan Great Wall menolak memberikan komentar.

Apple mau Bikin Mobil Listrik Apple Car

Sebelum muncul isu Xiaomi bikin mobil listrik, Apple lebih dulu disebut mau bikin mobil ramah lingkungan ini. Namanya, Apple Car. Apple sendiri dikabarkan mau memproduksi mobil ini pada 2024.

Apple dikabarkan telah mendekati sejumlah produsen mobil listrik. Diantaranya Nissan, Hyundai dan Kia Corp. Namun pembicaraan ini sudah dihentikan karena tidak adanya kesepakatan.

Kabar ini kemudian dibantah oleh Hyundai dan Kia Corp."Kami tidak melakukan pembicaraan dengan Apple untuk mengembangkan kendaraan otonom," kata Hyundai dan Kia, dikutip Reuters.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading