Prediksi Raja HP Dunia: Xiaomi Bakal Jungkalkan Huawei

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 March 2021 19:06
Toko Elektronik HP (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bersama dengan Samsung dan Apple, Xiaomi diperkirakan masuk tiga besar smartphone global tahun 2021. Hasil ini didukung kinerja dari pasar India dan Rusia. Ini adalah prediksi Strategy Analytics.

Tahun ini Xiaomi diperkirakan meningkatkan pangsa pasar global menjadi 13 persen. Sementara itu dua perusahaan asal China lain, Oppo dan Vivo akan membuntuti Xiaomi di peringkat empat dan lima tahun ini.

"Di Asia Pasifik, Vivo, Xiaomi dan Oppo akan jadi tiga pemain teratas dengan pemasaran yang agresif, perluasan kanal dan kompetisi pasar," kata Senior Director Strategy Analytics, Linda Sui, dikutip Business Insider, Selasa (23/3/2021).


Sementara itu pangsa pasar Samsung secara global diperkirakan akan 20 persen, sedangkan Apple memiliki 16 persen. Keduanya akan berbagi posisi dua teratas smartphone secara global.

Sedangkan laporan IDC menyebutkan Xiaomi dengan 147,8 juta shipments memiliki pangsa pasar 11,4 persen. Angka itu berada di bawah Huawei dengan 14,6 persen.

Huawei sendiri masih menderita karena hukuman pemerintah AS belum dicabut juga. Raksasa teknologi China itu mengalami penurunan pengiriman smartphone cukup signifikan mencapai 42,4 persen.

IDC mengatakan untuk pasar India, Xiaomi memang memimpin pada tahun 2020 dengan 27 persen pangsa pasar. Setelahnya ada Samsung memiliki 20 persen.

Sementara secara global, pengiriman smartphone akan mengalami kenaikan lebih dari 6,5 persen mencapai 1,38 juta unit pada 2021. Laporan Strategy Analytics menyebutkan kenaikan ini karena ekonomi mulai membaik saat pandemi mulai bisa dikendalikan.

"Pertumbuhan ini terutama terjadi karena ekonomi yang membaik karena pandemi yang melemah, stok yang meningkat dan operator atau vendor juga mendorong migrasi ke 5G," kata laporan tersebut.

Di Afrika, Xiaomi akan berada di posisi ketiga mengungguli Apple. Peringkat yang sama juga akan didapatkan Xiaomi di Eropa, namun berada di bawah Apple serta Samsung.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading