Cair! Login dtks.kemensos.go.id Buat Cek Data Penerima Bansos

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 March 2021 19:07
Petugas Pos Indonesia menyalurkankan bantuan sosial (bansos) ke pemukiman di wilayah Kenari, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021). Pemerintah telah meresmikan penyaluran bantuan tunai se-Indonesia hari ini.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat sudah mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) 2021 di bulan Maret ini. Mereka juga bisa mengecek keikutsertaan dalam program ini. Sebagai informasi BST berlanjut lagi di tahun ini hingga April mendatang. Besaran bansos itu senilai Rp300 ribu perbulan

Dalam akun Instagramnya Dinas Sosial DKI Jakarta, pencairan dana BST Tahap II tahun 2021 untuk bulan Februari dilakukan mulai 12 Maret 2021 lalu.

Pihak Dinsos juga menyebutkan masyarakat yang ikut program ini dapat menarik bantuan langsung dari ATM Bank DKI. Kecuali bagi yang baru menerima. Sebab penerima baru membutuhkan waktu untuk proses pencetakan buku tabungan dan kartu ATM DKI.


Kementerian Sosial menyediakan website khusus untuk masyarakat dapat mengecek bantuan tersebut dengan alamat dtks.kemensos.go.id. Di laman tersebut masyarakat bisa melihat apakah mereka terdaftar dalam program tersebut.

Pada bagian atas layar terdapat tulisan Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial, termasuk BST, BPNT dan PKH. Di bawah ada kolom nomor identitas dan Nama.

Isi kolom nomor identitas dan nama yang sesuai dengan KTP. Pada nomor identitas, masyarakat bisa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ID DTKS atau BDT, serta nomor identitas PBI JK atau KIS.

Setelah itu masukan nama masyarakat. Jangan lupa masukkan empat kode campuran huruf dan angka. Klik cari dan hasilnya akan menunjukkan seseorang sudah masuk dalam daftar atau belum.

Pada tombol petunjuk dituliskan, jika sistem akan mencocokkan ID dan Nama yang diinput. Lalu informasi itu akan dibandingkan dengan yang berada di databasenya.

Untuk mengetahui masyarakat sebagai penerima bantuan bulan ini kembali buka laman dtks.kemensos.go.id dan masukan ID yang diinginkan. Setelah itu ketik nomor dan nama sesuai ID yang dipilih.

Masukan kode yang terdapat di sana. Lalu klik Cari.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading