Ponsel Android Kini Bisa Kirim Pesan Otomatis, Begini Caranya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 February 2021 19:33
Saham Alphabet Turun Usai Rilis Kinerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Google baru saja meluncurkan fitur penjadwalan untuk kirim pesan pada ponsel Android. Fitur ini mirip dengan yang dimiliki Gmail yang bisa mengatur jadwal pengiriman.

Untuk bisa menggunakannya, pastikan jika ponsel menjalankan Android 7 yang saat ini berumur lima tahun hingga terbaru. Versi paling baru adalah menggunakan Google Messages, dikutip CNBC Internasional, Kamis (25/2/2021).

Inti dari fitur ini adalah mengkonsepkan pesan dan menjadwalkan pengiriman sesuai dengan yang diinginkan. Akan ada pilihan waktu pengiriman pesan tersebut.


Untuk bisa menggunakan fitur anyar ini, jika belum memiliki Google Messages bisa mengunduh terlebih dulu. Lalu buka aplikasi Google Messages dan pilih kontak yang ingin dikirimkan pesan.

Lanjutkan dengan menulis pesan yang diinginkan. Setelah itu klik dan tahan tombol kirim, bukan hanya mengklik saja dan nantinya akan ada menu jadwal pengiriman.

Pengguna diberikan banyak opsi untuk jadwal pengiriman. Nantinya ada pilihan hari ini, malam ini, dan besok. Selain itu juga bisa memilih waktu dan tanggal lain.

Selesai mengatur jadwal pengiriman, tinggal klik tombol kirim. Pengguna akan mendapatkan konfirmasi jika pesan yang dikirim merupakan terjadwal dan tidak langsung sampai tujuan hingga waktu dan tanggal terpilih.

Jika berubah pikiran, bisa menekan ikon jam di sebelah pesan. Gunanya untuk memperbarui pesan, mengirim pesan secara langsung atau membatalkan pengiriman.

Cara ini hampir mirip dengan fitur scheduled pada layanan email Google, Gmail yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Pengguna juga harus memilih waktu pesan dikirimkan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Google telah meluncurkan fitur ini baik untuk versi Web dan mobile dengan cara yang hampir sama. Perusahan juga menambahkan folder Scheduled pada platformnya dan di sana pengguna dapat membatalkan pesan terjadwal dengan mengklik 'Cancel send', dikutip The Verge.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading