Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

FDR Blackbox Ditemukan, Panglima TNI: Operasi Belum Selesai

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
12 January 2021 20:11
Penemuan Flight Data Recorder Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan penemuan FDR Sriwijaya Air SJ 182 tidak serta merta berarti operasi telah selesai. Ia memastikan akan terus melakukan evakuasi korban hingga body pesawat.

"Operasi belum selesai. Kita akan terus lakukan evakuasi korban termasuk seluruh potongan body pesawat, juga kita upayakan diangkat," ujar Hadi dalam keterangan pers di JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2020).

"Dody pesawat dalam rangka melengkapi data yg diperlukan oleh KNKT sehingga apa yang di ada di titik ditemukannya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 akan terus kita lakukan evakuasi korban dan potongan pesawat," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Hadi mengungkapkan kronologi penemuan salah satu bagian blackbox Sriwijaya Air SJ 182, FDR, pada petang tadi.




Menurut Hadi, pada pukul 14.00, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan informasi titik FDR telah ditemukan di wilayah yang sudah ditandai sebelumnya. Kemudian pada pukul 16.40 KSAL melaporkan FDR sudah ditemukan dan dilaporkan bahwa dua underwater locator beacon sudah ditemukan.

Menurut dia, pencarian ini belum selesai karena bagian blackbox lainnya, cockpit voice recorder (CVR) belum ditemukan. Namun, Hadi bilang kalau underwater locator beacon sudah ditemukan di dekat lokasi yang diduga CVR berada.

"Saya yakin dengan kerja profesional dan didukung peralatan mumpuni dari KRI Rigel dan KRI Kurau, CVR yang underwater locator beacon-nya sudah ditemukan hari ini bisa kita temukan," ujar Hadi.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading