Brasil: Vaksin Sinovac Efektif 78% Lawan Covid-19

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 January 2021 10:18
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020, langsung dibawa menuju Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung. (Foto: Muchlis Jr - Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biontech efektif 78% melawan Covid-19. Ini merupakan data uji klinis tahap akhir yang dilakukan di Brasil.

Direktur Butantan Institute Dimas Covas mengatakan vaksin ini juga efektif 100% melawan infeksi penyakit parah dan sedang, Bloomberg News melaporkan dan dikutip CNBC Indonesia, Jumat (8//1/2021).

Sinovac menggandeng Butantan Institute untuk melakukan uji klinis tahap akhir di Brasil dengan melibatkan 13.000 relawan. Tingkat efektivitas ini lebih rendah dari vaksin buatan Pfizer Inc dan Moderna Inc yang memiliki kemanjuran 95%.


Setelah pengumuman ini, Butantan Institute berencana meminta izin penggunaan darurat dari otoritas kesehatan Brasil, Anvisa, pada hari ini dan Anvisa punya waktu 10 hari untuk memproses permohonan ini.

Seperti beberapa vaksin lainnya, vaksin Sinovac bernama CoronaVac diberikan dalam dua dosis atau dua suntikan dengan jarak 14 hari, tetapi Butantan Institute mempertimbangkan untuk memberikan dua dosis dengan jarak 28 hari, ungkap Dimas Covas.

Gubernur Sao Poulo Joao Dario berencana untuk segera mendapatkan persetujuan vaksin untuk bisa menjalankan vaksinasi mulai 25 Januari 2021 untuk bisa memvaksinasi 45 juta penduduk di ibu kota Brasil ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading